MATERI PENJASKES / PENJASOKER - TENIS MEJA - Kelas 8 SMP Semester 1

TENIS MEJA

Bismillah ,salam olahraga...dikesempatan kali ini admin sekolah dasar islam akan memebrikan kepada anda semuanya materi penjaskes/ penjasoker mengenai Tenis Meja. terutama untuk kelas 8 atau setara kelas 2 SMP.

Olahraga yang kini sedang digandrungi khalayak umum dan berbagai  kalangan. Tenis meja atau yang populer dikenal dengan sebutan ping pong ini sekarang mulai dikenal halayak umum.tenis meja merupakan permainan yang dianggap unik dan menarik untuk dipelajari,dari berbagai kalangan mulai menyukai menggemarinya.
Alasan banyak orang menyukai permainan tenis meja / ping pong ini karena untuk memainkannya tidak terlalu menguras energi,bisa menimnulkan fikiran menjadi frash dan menimbulkan ketagihan.jika sekalidua kali memainkan tenis meja ini,diyakini akan ketagihan.karna permainannya dapat menyebabkan kegembiraan,mempererat tali persaudaraan dengan lawan.dan bahagia apabila dapat mengalahkan lawan.

Alat- Alat yang digunakan.

Sebelum melakukan permainan tenis meja,alangkah baiknya mempersiapkan alat yang akan digunakan:
1.      Raket
Raket atau yang kerab disebut bet digunakan untuk memukul bola.pemilihan modelraket dapat memperngaruhi kinerja permainan.
2.      Bola tenis meja
Bola diharapkan dipersiapkan sebelum memulai bermain,diharapkan bola tidak hanya memiliki satu,diharpkan pula membelinya dengan yang kualitas  baik dan standar.
3.      Lapangan tenis meja
Untuk peralatan ini diharapkan membuatnya sesuai dengan standar ukuran,karna  agar nantinya dapat bermain dengan maksimal.
Ukuran yang dianjurkan adalah L:152 cm dan P:274 cm 152 x 274 cm

Peraturan Servis

Setelah mempersiapkan peralatan diharapkan dapat memahami tentang servis pada permainan tenis meja.
Berikut adalah peraturan servise yang harus anda ketahui:
1)      Bola ditelapak tangan
2)      Telapak tangan datar dan tidak bergerak
3)      Jari diraptkan dan jempol dipisahkan
4)      Bet dan tanagn yang bebas di atas meja
5)      Bet dan tangan yang bebas di belakang garis
6)      Lemparan bola setinggi kurang lebih 20 cm
7)      Tidak ada spin
8)      Pukul bola saat keadaan bola turun
9)      Bola mantul seklai di kedua sisi meja.

tambahan materi:

Aturan Permainan

Ada 2 Permainan yang harus kita ketahui.
1. Permainan Tunggal yang pada intinya Setiap bola mati menghasilkan nilai satu point. Servis berganti pemain setiap mencapai poin kelipatan 2.
Pemegang servis itu bebas menempatkan bola dari segala penjuru lapangan mana saja.Permainan satu set berakhir jika pemain mencapai nilai 11, dan kemenangan diraih apabila mencapai 3 ( tiga) atau 4 (empat) kali kemenangan set.
Apabila terjadi deuce, permainan berakhir jika selisih nilai adalah 2. misal: 15-13, 18-16

2. Permainan Ganda
pada intinya Setiap bola mati menghasilkan nilai satu. itulah yang menjadi inti dari permainan ganda.
Servis bergantian setiap poin kelipatan 2. Pemain bergantian menerima bola dari lawan. Pemegang servis hanya dapat menempatkan bola ke ruang kamar sebelah kanan lawan.
Permainan 1 set berakhir apabila pemain telah mencapai nilai 11, dan kemenangan dapat diraih apabila mencapai 3 atau 4 kali kemenangan set.
Apabila terjadi deuce, permainan berakhir bila selisih nilai adalah 2. misal: 13-11, 15-17.

demikian artikel kami mengenai MATERI PENJASKES / PENJASOKER - TENIS MEJA - Kelas 8 SMP Semester 1. silahkan tunggu materi materi berikutnya.



Belum ada Komentar untuk "MATERI PENJASKES / PENJASOKER - TENIS MEJA - Kelas 8 SMP Semester 1"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel