MATERI PAdbP Kelas 3 Semester 1 - Nabi Muhammad dan sahabat panutanku - Belajar Hadis Arba'in ke 12


C. Belajar Hadis Arba'in ke 12

Materi Sebelumnya adalah mempelajari tentang kisah sahabat nabi usman bin affan. 

1. Melafalkan Hadis Arba'in ke 12

yuk baca bersama - sama hadits dibawah ini. 


2. Terjemah Hadis Arba'in ke 12

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya." (Hadis Hasan riwayat Turmuzi dan lainnya) 

3. Perilaku Disiplin, Mandiri, Percaya Diri, dan Bertanggung Jawab sebagai Implementasi Makna Hadis Arba'in ke 12

Hadis Arba'in ke 12 ini merupakan salah satu dasar dalam tata kesopanan dan bimbingan akhlak. Seseorang hendaknya meninggalkan apa yang tidak bermanfaat bagi dirinya. Hal yang tidak bermanfaat kadang menyibukkan seseorang, sehingga membuatnya lalai dari mengingat Allah. Nabi Muhammad saw. mengingatkan dalam hadisnya tentang tanda orang beriman salah satunya adalah meninggalkan perbuatan yang tidak bermanfaat. Segala standar manfaat diukur oleh syari'at. Apa yang diperintahkan oleh syari'at pasti membawa manfaat dan yang dilarang pasti menimbulkan mudarat. Menjadi kewajiban seseorang untuk meninggalkan semua yang tidak penting karena semua aktivitas hamba akan dicatat oleh malaikat. Celakalah seseorang yang memenuhi catatannya dengan sesuatu yang tidak bermanfaat, di antaranya adalah bentuk kemaksiatan. Sungguh rugi orang yang banyak berbuat namun tidak bermanfaat untuk akhirat. Sungguh beruntung orang yang berbuat yang bermanfaat untuk akhirat karena pasti bermanfaat juga buat kehidupan dunianya. Adapun pelajaran yang dapat kita peroleh dari hadis di atas adalah sebagai berikut.

a. Salah satu sifat orang muslim adalah menyibukkan diri dengan perkara-perkara yang mulia serta menjauhkan perkara yang hina dan rendah. 

b. Pendidikan bagi diri dan pemeliharaannya dengan meninggalkan apa yang tidak bermanfaat di dalamnya.

c. Menyibukkan diri dengan sesuatu yang tidak bermanfaat adalah kesia-siaan dan merupakan pertanda kelemahan iman.

d. Anjuran untuk memanfaatkan waktu dengan baik.I

Belum ada Komentar untuk "MATERI PAdbP Kelas 3 Semester 1 - Nabi Muhammad dan sahabat panutanku - Belajar Hadis Arba'in ke 12"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel