Permainan Invasi - Permainan Sepak bola - Materi PJOK kurikulum merdeka kelas 4 SD/MI Tahun Ajaran 2022/2023

 Permainan Invasi - materi PJOK kurikulum merdeka kelas 4 SD/MI Tahun Ajaran 2022/2023. Materi PJOK ( pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan ) kali ini admin akan mencoba membagikan materi tentang. Permainan Invasi - Permainan Sepak bola - Materi PJOK kurikulum merdeka kelas 4 SD/MI Tahun Ajaran 2022/2023

Bab 1

Permainan Invasi

Permainan invasi merupakan permainan yang mengharuskan pemain menyerang ke daerah permainan lawan untuk menciptakan skor. Aktivitas permainan invasi banyak sekali macamnya. Ada sepak bola, bola tangan, bola basket, dan lain- lain. Apa nama permainan bola yang dilakukan oleh anak-anak pada gambar di atas? Benar sekali. Nama permainan tersebut adalah sepak bola. Dalam sepak bola, pemain membutuhkan keahlian dalam menendang, mengoper, menghentikan, dan menggiring bola. Selain sepak bola, kita juga akan mempelajari permainan bola tangan. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari bab ini bersama-sama.

A. Permainan Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu permainan yang dimainkan oleh dua regu. Permainan sepak bola bertujuan memasukkan bola ke gawang lawan. Regu yang lebih banyak memasukkan bola ke gawang lawan menjadi pemenangnya. Permainan ini dipimpin oleh satu orang wasit dan dua orang penjaga garis. Permainan sepak bola Jumlah pemain dan lama permainan Setiap regu pada permainan sepak bola terdiri atas 11 orang, yaitu 10 pemain dan 1 penjaga gawang atau kiper. Pertandingan dilakukan selama 2 x 45 menit. Lapangan sepak bola Bentuk lapangan sepak bola adalah persegi panjang. Lapangan standar sepak bola berukuran panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Lapangan sepak bola juga dilengkapi dengan dua gawang di kedua sisi lebarnya. Untuk keperluan pembelajaran sepak bola di sekolah, ukuran lapangan sepak bola dapat disesuaikan dengan luas halaman sekolah.

1. Gerak Dasar Menendang Bola

Menendang adalah gerakan kaki untuk menggerakkan bola ke arah yang dituju, seperti gawang lawan. Cara menendang bola dibedakan menjadi tiga, yaitu tendangan dengan punggung kaki, kaki bagian dalam, dan kaki bagian luar. 

a. Tendangan dengan punggung kaki

Cara melakukan:

• Salah satu kaki menggiring bola. Kaki yang digunakan untuk menendang diayunkan menghadap bawah. Lakukan tendangan dengan menggunakan punggung kaki.

b. Tendangan dengan kaki bagian dalam

Cara melakukan: 

Salah satu kaki berada di sisi bola. Pandangan ke arah tujuan bola. Sisi kaki bagian dalam digunakan untuk menendang dan ujung kaki diayunkan menghadap ke luar.

c. Tendangan dengan kaki bagian luar

Cara melakukan:

Salah satu kaki berada di sisi bola. Pandangan ke arah tujuan bola. Sisi kaki bagian luar digunakan untuk menendang. Gerakan menendang bola bermanfaat untuk melatih koordinasi gerakan mata dan kaki. Selain itu, gerakan ini juga bermanfaat untuk melatih kelincahan dan kekuatan kaki, serta ketepatan gerakan

2. Gerak Dasar Mengoper Bola

Mengoper bola atau passing merupakan gerakan yang bertujuan untuk memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya. Mengoper bola dapat menggunakan kaki bagian dalam atau luar, serta punggung kaki.

a. Mengoper bola dengan kaki bagian dalam

b. Mengoper bola dengan kaki bagian luar

c. Mengoper bola dengan punggung kaki

3. Gerak Dasar Menghentikan Bola

Dalam permainan sepak bola, gerakan menghentikan bola disebut juga dengan istilah kontrol. Gerakan menghentikan bola dapat dilakukan dengan menggunakan kaki, paha, dada, atau kepala. 

Berikut cara menghentikan bola menggunakan kaki.


4. Gerak Dasar Menggiring Bola

Menggiring bola adalah gerakan membawa bola dengan cara menendang bola secara perlahan-lahan dan terus- menerus sebelum dilakukan gerakan menendang atau mengoper bola ke arah yang dituju. Ketika menggiring bola_usahakan bola tidak jauh dari jangkauan kaki. Kita harus selalu dapat menguasai bola. 

Berikut cara menggiring bola.

Alhamdulillah telah selesai materi tentang Permainan Invasi - Materi PJOK kurikulum merdeka kelas 4 SD/MI Tahun Ajaran 2022/2023. insya Allah kita lanjutkan sesion berikutnya..



Belum ada Komentar untuk "Permainan Invasi - Permainan Sepak bola - Materi PJOK kurikulum merdeka kelas 4 SD/MI Tahun Ajaran 2022/2023"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel