50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025
50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025
Bimillah kali ini kita akan berbagi soal TAM ( Soal Tugas Akhir modul Pedagogik) yang tentunya sudah dinantikan banyak orang saat ini yang mau melakukan test. dan tenntunya soal batch 1,2 dan 3 masih sama . dan kita berada di LPK : Raden Mas Said Surakarta. PPG PAI Daljab tahun 2025 dilaksanakan serentak hingga ribuan anggota yang masuk kedalam group resmi. kita masuk di batch 2. oke langsung saja kita simak soal dan kunci jawabanya. dan tentunya dijamin 100% lulus nilai 100.
simak berikut ini video pembahasannya dan kuncinya :
untuk menghargai jasa dan karya saya silahkan simak sampai akhir dan di like dan subscribe.. terimakasih.
SOAL 1
1.
Dalam
pembelajaran berbasis masalah (PBL), peran guru lebih menekankan pada:
A.
Menyampaikan
materi secara langsung agar siswa lebih memahami konsep.
B.
Memberikan
petunjuk dan membimbing siswa dalam mengidentifikasi masalah.
C.
Memfasilitasi
diskusi kelompok dan mengarahkan siswa mencari solusi mandiri.
D.
Menguji
pemahaman siswa dengan kuis dan ujian sebelum memberi materi tambahan .
E.
Membiarkan
siswa menemukan solusi sendiri tanpa arahan apapun dari guru.
JAWABBNYA
ADALAH :
C.Memfasilitasi
diskusi kelompok dan mengarahkan siswa mencari solusi mandiri.
SOAL 2
2.
Salah
satu indikator keberhasilan pembelajaran berbasis masalah adalah:
A.
Siswa
mampu menghafal dan mengulang konsep yang diajarkan guru.
B.
Siswa
aktif bertanya dan berdiskusi untuk menemukan solusi masalah.
C.
Guru
dapat menyelesaikan seluruh materi yang telah direncanakan.
D.
Siswa
mengerjakan tugas yangidiberkan tonpalharbs berdiskisi.
E.
Seluruh
siswa mendapat nilai tinggi tanpa refleksi pembelajaran
JAWABANNYA
ADALAH :
B.Siswa
aktif bertanya dan berdiskusi untuk menemukan solusi masalah.
SOAL 3
3.
Dalam
tahap identifikasi masalah pada model PBL, hal utama yang perlu dilakukan siswa
adalah:
A.
Menyusun
hipotesis berdasarkan informasi yang telah diberikan oleh guru
B.
Menganalisis
permasalahan dari berbagai sudut pandang berdasarkan data yang dikumpulkan
C.
Mencari
jawaban langsung dari bukl teks atau materi yang diberikan guru
D.
Menunggu
arahan guru dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian.
E.
Langsung
membuat solusi tanpa memahami latar belakang masalah
JAWABANNYA ADALAH :
B.Menganalisis permasalahan dari
berbagai sudut pandang berdasarkan data yang dikumpulkan
SOAL 4
4.
Keuntungan
utama penerapan model PBL dalam pembelajaran adalah:
A.
Meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa
B.
Memudahkan
guru dalam menyampaikan seluruh materi dalam waktu singkat
C.
Mengurangi
beban guru karena siswa belajar sécara mandiri
D.
Mengutamakan
kecepatan siswa dalam menyelesaikan tugas dibanding pemahaman mendalam
E.
Membantu
siswa menghafal konsep-konsep penting;dalam mata pelajaran
JAWABANNYA
ADALAH :
A.Meningkatkan
keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa
SOAL 5
5.
Strategi
yang paling efektif dalam mengevaluasi keberhasilan pembelajaran berbasis
masalah adalah:
A.
Memberikan
tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman teori siswa
B.
Menilai
proses berpikir siswa melalui portofolio dan refleksi pembelajaran
C.
Mengamati
keterampilan siswa dalam mengerjakan soal secara individu
D.
Memeriksa
catatan siswa untuk memastikan mereka mencatat-sernua iniformasi penting
E.
Melihat
hasil akhir proyek atdu’solusi yang dihasilkan oleh Kelompok siswa
JAWABANNYA
ADALAH :
B.Menilai
proses berpikir siswa melalui portofolio dan refleksi pembelajaran
SOAL 6
6.
Dalam
model pembelajaran berbasis proyek (PJBL), peran utama guru adalah...
A.
Memfasilitasi
proses pembelajaran dengan memberikan panduan dan sumber daya yang relevan
B.
Membantu
siswa dalam melakukan fefleksi dan evaluasi terhadap proyek yang telah
dikerjakan
C.
Menyampaikan
seluruh materi terlebih dahulu sebelum siswa memulai proyeknya
D.
Memberikan
umpan balik selama proses penegrjaan proyek agar siswa dapat melakukan
perbaikan
E.
Membiarkan
siswa bekerja sepenuhnya tanpa campur tangan guru agar mereka lebih mandiri
JAWABANNYA
ADALAH :
A.Memfasilitasi
proses pembelajaran dengan memberikan panduan dan sumber daya yang relevan
SOAL 7
7.
Menurut
teori diferensiasi, pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan individu
siswa. Manakah pernyataan berikut yang paling tepat menggambarkan prinsip dasar
diferensiasi?
A.
Guru
harus menggunakan satu metode mengajar untuk semua siswa agar adil
B.
Guru
harus menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan minat, kesiapan,
dan profil belajar siswa
C.
Guru
hanya perlu fokus-pada.siswa yang-memiliki kemompuan akademik tinggi
D.
Guru
harus menghilangkan penilaian untuk mengurangi tekanan pada siswa
E.
Guru
harus memberikan materi yang soma kepada semua siswa tanpa mempertimbangkan perbedaan
individu
JAWABANNYA
ADALAH :
B.Guru
harus menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan minat,
kesiapan, dan profil belajar siswa
SOAL 8
8.
Apa
tujuan utama dari pendekatan Differentiated Instruction dalam pembelajaran?
A.
Memberikan
pengalaman belajar yang sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa
B.
Menyesuaikan
materi hanya bagi siswa dengan kesulitan belajar
C.
Mengajarkan
materi yang sama'déngan metode yang seragam untuk semua siswa
D.
Menggunakan
asesmen untuk mengelompokkan siswa kedalam level tetap.
E.
Memberikan
tugas tambahan bagi siswa dengan nilai rendah
JAWABANNYA
ADALAH :
A.Memberikan
pengalaman belajar yang sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa
SOAL 9
9.
Bagaimana
cara guru menyesuaikan "proses” dalam pembelajaran diferensiasi?
A.
Memberikan
pilihan aktivitas berdasarkan gaya belajar siswa
B.
Memastikan
semua siswa menyelesaikan tugas yang sama dalam waktu yang sama
C.
Menyediakan
tambahan waktu hanya bagi siswa dengan kesulitan belajar
D.
Menggunakan
satu metode pengajaran yang dirancang untuk mayoritas siswa
E.
Menawarkan
kegiatan berbasis proyek bagi siswa yang lebih cepat menyelesaikan tugas
JAWABANNYA
ADALAH :
A.Memberikan
pilihan aktivitas berdasarkan gaya belajar siswa
SOAL 10
10. Dalam praktik Differentiated Instruction, “produk” mengacu pada..
A.
Cara
siswa menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai format sesuai preferensi
mereka
B.
Tes
tertulis standar yang digunakan untuk semua siswa
C.
Pemberian
tugas tambahan bagi siswa yang belum mencapal standar kompetensi
D. Memberikan proyek dengan satu
format tertentu yang sama untuk seluruh kelas.
E. Membiarkan siswa memilih format
tugas tetapi tetap mempertahankan standar akademik yang sama.
JAWABANNYA
ADALAH :
A.Cara
siswa menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai format sesuai preferensi
mereka
11. Jelaskan bagaimana konsep dasar
Differentiated Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk memenuhi
kebutuhan belajar siswa yang beragam….
A. Menjelaskan definisi
Differentiated Learning tanpa contoh konkret
B. Menjelaskan definisi dan
menyebutkan satu prinsip Differenticted Learning
C. Menjelaskan definisi, prinsip, dan
memberikan satu contoh sederhana dalam PAI
D. Menjelaskan definisi, prinsip dan
memberikan contoh konkret dalam PAI dengan analisis kebutuhan siswa
E. Menjelaskan definisi, prinsip,
contoh konkret, serta strategi evaluasi dampaknya dalam PAI
JAWABANNYA : E.
Menjelaskan definisi, prinsip, contoh konkret, serta strategi evaluasi
dampaknya dalam PAI
12. Dalam Differentiated-Based
Learning, guru PAI harus menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kesiapan, minat,
dan profil belajar siswa. Manakah strategi berikut yong paling sesuai dengan
pendekatan ini?
A. Menyampaikan materi PAl secara
klasikal tanpa mempertimbangkan perbedaan siswa
B. Memberian tugas tambahan bagi
siswa yang berprestasi tinggi agar mereka tidak bosan
C. Menggunakan satu metode
pembelajaran tetapi menyesvaikan tingkat kesulitannyo
D. Menggunakan berbagal strategi
pembelajaran sesual dengan kesiapan, minat, dan gaya bellajar siswa
E. Mendesain pembelajaran yang
fieksibel dengan strategi yang beragam, menggunakan asesmen formatif untuk menyesuaikan
kebutuhan setiap siswa
JAWABANNYA
: E. Mendesain pembelajaran yang fieksibel dengan
strategi yang beragam, menggunakan asesmen formatif untuk menyesuaikan
kebutuhan setiop siswa
13. Dalam konteks pembelajaran PAI
berbasis TPACK, bagaimana seorang guru dapat mengintegrasikan teknologi secara
efektif?
A. Menggunakan PowerPoint untuk
menyampaikan materi secara klasikal
B. Memanfaatkan video pembelajaran
untuk memperjelas konsep agama Islam
C. Menggunakan Learning Management
System (LMS) untuk memberikan tugas dan materi kepada siswa.
D. Memadukan berbagai teknologl
interaktif seperti simulasi, diskusi online, dan asesmen digital untuk meningkatkan
pemahaman siswa
E. Mendesain pembelajaran berbasis
teknologi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, mengintegrasikan alat digital
secara kreatif, dan menerapkan asesmen berbasis teknologi secara berkelanjutan
JAWABANNYA
: E. Mendesain pembelajaran berbasis teknologi yang
sesuai dengan kebutuhan siswa, mengintegrasikan alat digital secara kreatif,
dan menerapkan asesmen berbasis teknologi secara berkelanjutan
14. Bagaimana penerapan TPACK dalam
pembelajoran PAl dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa?
A. Siswa menghafal ayat dan hadis
menggunakan aplikasi digital
B. Guru memberikan materi dengan
ceramah lalu menguji pemahaman siswa melalui ujian daring
C. Siswa diberikan okses ke sumber
digital untuk mengeksplorasi berbagai tafsir Al-Qur'an dan hadis
D. Guru memandu siswa dalam
menganalisis dan membandingkan berbagal pandangan ulama melalui diskusi
berbasis platform digital
E. Siswa secara mandiri meneliti,
mengevaluasi dan menyajikan analisis Mereka tentang isu-isu Islam kontemporer menggunakan
berbagai media teknologi
JAWABANNYA
: E. Siswa secara mandiri meneliti, mengevaluasi dan
menyajikan analisis Mereka tentang isu-isu Islam kontemporer menggunakan
berbagai media teknologi
15. Seorang guru PAI ingin menggunakan
teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek (PBL). Strategi mana
yang paling sesuai dengan pendekatan TPACK?
A. Siswa menonton video ceramah
keagamaan di YouTube dan merangkum isinya
B. Guru meminta siswa membuat
presentasi PowerPoint tentang sejarah Islam
C. Siswa melakukan penelitian daring
mengenai dampak media sosial terhadap akhlak remaja dan ‘menyajikannya dalam
bentuk esai digital
D. Siswa mengembangkan proyek dakwah
digital dengan berbagal media (blog, podcast, atau video Interaktif) dan
mempresentasikannyGdelom/fofum giskUsi"doring
E. Siswa secara kolaboratif merancang
kampanye edukasi Islam berbasis multimedia menggunakan berbagai teknologi
(website, animasi, dan media sosial) serta mengukur dampaknya melalui data analitik
digital
JAWABANNYA
:
E.Siswa secara
kolaboratif merancang kampanye edukasi Islam berbasis multimedia menggunakan
berbagai teknologi (website, animasi, dan media sosial) serta mengukur
dampaknya melalui data analitik digital
16. Dalam pembelajaran PAI berbasis
TPACK, bagaimana cara terbaik untuk menyesuaikan teknologi dengan prinsip
pedagogi yang efektif?
A. Memilih teknologi tanpa
mempertimbangkan kesesuaian dengan metode pembelajaran
B. Menggunakan teknologi hanya untuk
membuat pembelajaran lebih menarik
C. Mengintegrasikan teknologi yang
mendukung interaksi siswa dalam pembelajaran berbasis diskusi
D. Menggunakan teknologi untuk
memperkuat strategi pembelajaran aktif, seperti eksplorasi mandiri dan pembelajaran
berbasis proyek
E. Menyesuaikan teknologi dengan
kebutuhan pembelajaran, memastikan keselarasan dengan strategi pedagogis, dan
terus mengevalvasi efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan pemahaman siswa
JAWABANNYA
:
E.Menyesuaikan
teknologi dengan kebutuhan pembelajaran, memastikan keselarasan dengan strategi
pedagogis, dan terus mengevalvasi efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan
pemahaman siswa
17. Dalam konsep TPACK, bagaimana
peran Content Knowledge (CK) dalam pembelajaran PAI yang berbasis teknologi?
A. Hanya mengandalkan buku teks
sebagai sumber utama materi
B. Menggunakan teknologi untuk
menampilkan konten secara visual tanpa penguatan pemahaman
C. Mengombinasikan berbagai sumber
digital untuk memperkaya materi keislaman
D. Memilih teknologi yang membantu
siswa mengeksplorasi dan memahami konten Islam secara lebih dalam
E. Mengembangkan pembelajaran yang
menghubungkan teori dan (praktik Islam dengan teknologi, serta memberikan
pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual & Sebelumnya
JAWABANNYA
: E. Mengembangkan pembelajaran yang menghubungkan
teori dan (praktik Islam dengan teknologi, serta memberikan pengalaman belajar
yang interaktif dan kontekstual & Sebelumnya
18. Seorang guru ingin menggunakan
teknologi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap hukum Islam (Fiqh).
Strategi mana yang paling efektif?
A. Siswa membaca buku teks digital
tentang fiqh
B. Guru menampilkan video tentang
praktik ibadah sehari-hari
C. Siswa mengakses aplikasi simulasi
interaktif tentang praktik ibadah:
D. Siswa berdiskusi dan menganalisis kasus fiqh melalui
forum daring berbasis teknologi
E. Siswa menggunakan berbagai teknologi
untuk mengeksplorasi, menganalisis, dan membuat simulasi hukum fiqih dalam
konteks kehidupan nyata, serta mempresentasikannya dalam platform digital
JAWABANNYA
:E. Siswa menggunakan berbagai tekndjogi untuk
mengeksplorasi, menganalisis, dan membuat simulasi hukum fiqih dalam konteks
kehidupan nyata, serta mempresentasikannya dalam platform digital
19. Bagaimana pencekatan mindful learning dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI?
A. Siswa memibaca teks Al-Qur‘an dan
hadis tanpa refleksi terhadap maknanya
B. Siswa hanya mendengarkan ceramah
agama tanpa keterlibatan aktif
C. Siswa terlibat dalam diskus!
mendalam dan praktik ibadah dengan kesadaran penuh
D. Siswa melakukan refleksi ctas
ajaran Isiam dan mengaitkennys dengan pengalaman pribadi
E. Siswa menginternalisasi
nilai-nilai Islam melalui meditasi reflektif, praktik ibadah yang khusyuk, dan
penerapan dalam kehidupan sehari-hari
JAWABANNYA : E. Siswa menginternalisasi nilai-nilai Islam melalui
meditasi reflektif, praktik ibadah yang khusyuk, dan penerapan dalam kehidupan
sehari-hari
20. Bagaimana strategi terbaik untuk
menciptakan pembelajaran yang bermakna (Meaningful
Learning) dalam PAI?
A. Siswa hanya menghafal ayat-ayat
Al-Qur’an dan hadis tanpa memahami maknanya
B. Guru memberikan materi secara
tekstual tanpa menjelaskan relevansi dengan kehidupan siswa
C. Siswa mengaitkan pembelajaran PAI
dengan tantangan dunia nyata melalui proyek sosial
D. Siswa merancang solusi berbasis
nilai islam Untuk permasalahan sosial dan ménerapkannya dalam aksi nyata
E. Siswa berdiskusi tentang makna
ajaran Islam dalam konteks sosial saat ini
JAWABANNYA: D. Siswa merancang solusi berbasis nilai islam
Untuk permasalahan sosial dan ménerapkannya dalam aksi nyata
Soal Nomor 21
21. Dalam pembelajaran PAI, bagaimana joyful learning
dapat diterapkan secara efektif?
A.
Guru
mengintegrasikan teknologi interaktif seperti kuis digital dalam pembelajaran
B.
Guru hanya
menggunakan metode ceramah tanpa interaksi
C.
Siswa
diajak bermain game edukatif tanpa adanya refleksi mendalam
D.
Pembelajaran
dirancang dengan pendekatan gamifikasi, seni, dan pengalaman kolaboratif yang
menyenangkan, sekaligus membangun pemahaman dan kecintaan pada ajaran Islam
E.
Siswa
terlibat dalam kegiatan kreatif seperti drama keislaman, musik religi, atau
proyek multimedia berbasis Islam
JAWABANNYA:
D.
Pembelajaran dirancang dengan pendekatan gamifikasi, seni, dan pengalaman
kolaboratif yang menyenangkan, sekaligus membangun pemahaman dan kecintaan pada
ajaran Islam
Soal Nomor 22
22. Seorang guru PAI ingin menerapkan mindful learning
dalam memahami konsep ihsan. Strategi mana yang paling tepat?
A.
Meminta
siswa menuliskan pengertian ihsan tanpa menganalisisnya lebih lanjut
B.
Menjelaskan
definisi ihsan secara teoritis tanpa keterlibatan siswa
C.
Siswa
melakukan studi kasus tentang penerapan ihsan dalam kehidupan nyata
D.
Siswa
secara aktif mempraktikkan ihsan melalui kegiatan reflektif, meditasi
spiritual, dan proyek sosial berbasis kasih sayang serta keikhlasan
E.
Guru
membimbing siswa dalam latihan kesadaran (contemplative practice) untuk
merasakan makna ihsan dalam ibadah dan interaksi sosial
JAWABANNYA ; D. Siswa secara aktif mempraktikkan
ihsan melalui kegiatan reflektif, meditasi spiritual, dan proyek sosial
berbasis kasih sayang serta keikhlasan
Soal Nomor 23
23. Bagaimana pembelajaran PAI berbasis meaningful
learning dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang toleransi beragama?
A.
Siswa
hanya menghafal ayat dan hadis tentang toleransi
B.
Siswa
melakukan wawancara dengan tokoh lintas agama untuk memahami perspektif yang
berbeda
C.
Guru
menjelaskan teori toleransi tanpa contoh aplikatif
D.
Siswa
mengembangkan proyek kolaboratif lintas agama yang menumbuhkan pemahaman dan
empati dalam keberagaman
E.
Siswa
membahas kasus toleransi beragama di Indonesia melalui diskusi kelompok
JAWABANNYA : D. Siswa mengembangkan proyek
kolaboratif lintas agama yang menumbuhkan pemahaman dan empati dalam
keberagaman
Soal Nomor 24
24. Dalam konteks joyful learning, bagaimana cara terbaik
bagi guru untuk mengajarkan konsep syukur kepada siswa?
A.
Siswa
mengembangkan proyek 'Hari Syukur' di mana mereka menunjukkan rasa syukur
melalui aksi sosial
B.
Meminta
siswa menuliskan daftar hal-hal yang mereka syukuri
C.
Mengajarkan
konsep syukur dengan ceramah dan pemberian tugas membaca
D.
Pembelajaran
berbasis pengalaman, di mana siswa menjalani tantangan hidup sederhana selama
sehari, lalu merefleksikan dan mengekspresikan syukur dalam bentuk seni,
cerita, atau media kreatif lainnya
E.
Siswa
membuat jurnal syukur dan berbagi pengalaman dalam kelompok
JAWABANNYA : D. Pembelajaran berbasis pengalaman, di
mana siswa menjalani tantangan hidup sederhana selama sehari, lalu
merefleksikan dan mengekspresikan syukur dalam bentuk seni, cerita, atau media
kreatif lainnya
Soal Nomor 25
25. Dalam konteks supervisi klinis untuk pembelajaran PAI,
bagaimana cara terbaik seorang guru dapat merefleksikan efektivitas pengajaran
berdasarkan bimbingan konseling?
A.
Guru
melakukan analisis rekaman mengajar bersama supervisor untuk mengidentifikasi
area peningkatan
B.
Guru hanya
meminta umpan balik dari siswa tanpa diskusi lebih lanjut
C.
Supervisor
memberikan kritik langsung tanpa refleksi bersama guru
D.
Guru
membuat jurnal reflektif mengenai pengalaman mengajarnya dan mendiskusikannya
dengan supervisor
E.
Guru
mendengarkan masukan supervisor tanpa melakukan perbaikan konkret dalam
strategi mengajarnya
JAWABAN : A. Guru melakukan analisis rekaman
mengajar bersama supervisor untuk mengidentifikasi area peningkatan
Soal Nomor 26
26. Dalam supervisi klinis, bagaimana peran bimbingan
konseling dalam meningkatkan kualitas pengajaran PAI?
A.
Membantu
guru menemukan solusi dalam menghadapi tantangan emosional dan pedagogis
B.
Hanya
menilai kinerja guru tanpa memberikan umpan balik yang membangun
C.
Memberikan
pendekatan berbasis refleksi dan kolaborasi untuk meningkatkan keterampilan
mengajar guru
D.
Fokus pada
pemberian kritik terhadap kelemahan guru tanpa solusi yang jelas
E.
Membantu
guru dalam menghafal materi ajar tanpa mengevaluasi strategi pengajaran
JAWABANNYA : A. Membantu guru menemukan solusi dalam
menghadapi tantangan emosional dan pedagogis
Soal Nomor 27
27. Bagaimana strategi supervisi klinis yang efektif dalam
membimbing guru PAI menghadapi kesulitan mengajar siswa dengan kebutuhan
khusus?
A.
Supervisor
memberikan pelatihan dan simulasi interaktif terkait pengajaran inklusif dalam
PAI
B.
Guru hanya
diberi teori tentang pendidikan inklusif tanpa praktik nyata
C.
Guru
diberi kebebasan penuh untuk menghadapi siswa tanpa bimbingan supervisor
D.
Guru
mendiskusikan pengalaman mengajarnya dan diberikan solusi berbasis kasus oleh
supervisor
E.
Supervisor
hanya menilai performa guru tanpa memberikan pendampingan dalam pengajaran
inklusif
JAWABANNYA : A
Supervisor memberikan pelatihan dan simulasi interaktif terkait
pengajaran inklusif dalam PAI
Soal Nomor 28
28. Apa langkah utama dalam pendekatan supervisi klinis
untuk meningkatkan efektivitas layanan bimbingan konseling dalam pembelajaran
PAI?
A.
Observasi,
refleksi, umpan balik, dan perbaikan strategi pembelajaran
B.
Supervisor
hanya memberikan laporan evaluasi tanpa diskusi
C.
Guru
diberikan kritik tajam tanpa adanya rencana tindak lanjut
D.
Guru
diminta melakukan perubahan tanpa memahami alasan pedagogis di baliknya
E.
Guru dan
supervisor bekerja sama dalam siklus perbaikan berbasis data dan pengalaman
nyata di kelas
JAWABANNHYA : A. Observasi, refleksi, umpan balik,
dan perbaikan strategi pembelajaran
Soal Nomor 29
29. Bagaimana layanan bimbingan konseling dapat membantu
guru PAI mengembangkan keterampilan komunikasi dalam supervisi klinis?
A.
Supervisor
membantu guru melalui latihan komunikasi asertif dalam pembelajaran PAI
B.
Guru hanya
diberikan teori tentang komunikasi tanpa praktik langsung
C.
Guru
diberikan simulasi interaksi dengan siswa dan refleksi terhadap cara komunikasi
yang digunakan
D.
Guru
belajar sendiri tanpa ada bimbingan dari supervisor
E.
Supervisor
hanya memberikan kritik terhadap komunikasi guru tanpa memberikan strategi
perbaikan
JAWABNNYA : C. Guru diberikan simulasi interaksi
dengan siswa dan refleksi terhadap cara komunikasi yang digunakan
Soal Nomor 30
30. Bagaimana supervisi klinis dalam bimbingan konseling
dapat membantu guru PAI menangani perbedaan latar belakang sosial budaya siswa?
A.
Supervisor
memberikan pelatihan tentang pendekatan pedagogis berbasis multikulturalisme
dalam PAI
B.
Guru
diharuskan mengadaptasi metode pengajaran tanpa memahami budaya siswa
C.
Guru hanya
mengajar berdasarkan kurikulum tanpa mempertimbangkan latar belakang siswa
D.
Guru
melakukan refleksi tentang keanekaragaman siswa melalui diskusi dengan
supervisor
E.
Guru
menghadapi perbedaan budaya di kelas tanpa mendapatkan strategi konkret dari
supervisi
JAWABNNYA ; A. Supervisor memberikan
pelatihan tentang pendekatan pedagogis berbasis multikulturalisme dalam PAI
Soal Nomor 31
31. Dalam pembelajaran PAI yang inklusif, bagaimana guru
dapat menumbuhkan empati dan toleransi antar siswa?
A.
Melibatkan
siswa dalam kegiatan berbasis kerja sama yang mempromosikan kesetaraan dan
penghargaan terhadap perbedaan
B.
Mengajarkan
teori tentang toleransi tanpa implementasi nyata di kelas
C.
Memberikan
ceramah tentang pentingnya inklusi tanpa interaksi langsung antar siswa
D.
Mengadakan
diskusi dan refleksi kelompok tentang pengalaman siswa berkebutuhan khusus di
sekolah
E.
Mendorong
siswa untuk membantu teman berkebutuhan khusus tanpa bimbingan yang jelas
JAWABAN : A. Melibatkan siswa dalam kegiatan
berbasis kerja sama yang mempromosikan kesetaraan dan penghargaan terhadap
perbedaan
Soal Nomor 32
32. Apa tantangan utama dalam menerapkan pendidikan
inklusi dalam pembelajaran PAI?
A.
Kurangnya
sumber daya dan pelatihan bagi guru dalam menangani siswa berkebutuhan khusus
B.
Guru hanya
mengajar sesuai kurikulum tanpa adaptasi bagi siswa inklusi
C.
Hambatan
komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam menyusun strategi
pembelajaran inklusif
D.
Guru tidak
memiliki akses ke teknologi pendukung pembelajaran inklusif
E.
Kurangnya
pemahaman teman sebaya terhadap kebutuhan siswa berkebutuhan khusus
JAWABAN : A. Kurangnya sumber daya dan pelatihan
bagi guru dalam menangani siswa berkebutuhan khusus
Soal Nomor 33
33. Bagaimana seorang guru dapat mengevaluasi efektivitas
pembelajaran PAI yang inklusif?
A.
Melakukan
asesmen berbasis observasi, wawancara, dan portofolio siswa berkebutuhan khusus
B.
Memberikan
ujian yang sama kepada semua siswa tanpa penyesuaian bagi siswa inklusi
C.
Menggunakan
asesmen formatif yang mempertimbangkan keunikan setiap siswa dalam memahami
ajaran Islam
D.
Hanya
mengandalkan nilai ujian tertulis tanpa mempertimbangkan metode evaluasi
alternatif
E.
Menilai
siswa berkebutuhan khusus berdasarkan standar umum tanpa mempertimbangkan
kebutuhan individual
JAWABAN : A. Melakukan asesmen berbasis observasi,
wawancara, dan portofolio siswa berkebutuhan khusus
Soal Nomor 34
34. Bagaimana peran kolaborasi antara guru PAI dan guru
pendamping khusus dalam pendidikan inklusi?
A.
Guru PAI
dan guru pendamping bekerja sama dalam merancang strategi pembelajaran yang
sesuai bagi siswa inklusi
B.
Guru PAI
mengajar sendiri tanpa koordinasi dengan guru pendamping khusus
C.
Guru PAI
hanya meminta masukan dari guru pendamping tanpa menerapkannya dalam
pembelajaran
D.
Guru
pendamping khusus menangani siswa inklusi secara terpisah tanpa keterlibatan
guru PAI
E.
Guru PAI
mengadakan diskusi rutin dengan guru pendamping untuk menyesuaikan metode ajar
berdasarkan perkembangan siswa
JAWABAN : A. Guru PAI dan guru pendamping bekerja
sama dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai bagi siswa inklusi
Soal Nomor 35
35. Dalam pembelajaran PAI yang inklusif, bagaimana guru
dapat membangun motivasi belajar bagi siswa berkebutuhan khusus?
A.
Menciptakan
lingkungan belajar yang suportif, adaptif, dan berbasis kekuatan setiap siswa
B.
Menyamaratakan
ekspektasi tanpa mempertimbangkan keunikan siswa inklusi
C.
Memberikan
apresiasi atas usaha siswa dalam memahami ajaran Islam tanpa hanya berfokus
pada hasil
D.
Mengandalkan
hukuman untuk mendisiplinkan siswa berkebutuhan khusus
E.
Menerapkan
metode belajar berbasis proyek yang melibatkan siswa dalam eksplorasi ajaran
Islam sesuai kemampuan mereka
JAWABAN: A. Menciptakan lingkungan belajar yang
suportif, adaptif, dan berbasis kekuatan setiap siswa
Soal Nomor 36
36. Apa pendekatan terbaik untuk mengajarkan akhlak dalam
Islam kepada siswa dengan gangguan perilaku?
A.
Menggunakan
pendekatan berbasis kasih sayang dan refleksi terhadap konsekuensi dari setiap
tindakan
B.
Memberikan
hukuman fisik untuk menegakkan disiplin dalam pembelajaran PAI
C.
Melibatkan
siswa dalam diskusi empati dan simulasi peran untuk memahami nilai-nilai Islam
D.
Mengabaikan
perilaku siswa dengan alasan itu bukan tanggung jawab guru PAI
E.
Membantu
siswa memahami nilai akhlak melalui metode pembelajaran berbasis pengalaman dan
keterlibatan sosial
JAWABAN : A. Menggunakan pendekatan berbasis kasih sayang dan
refleksi terhadap konsekuensi dari setiap tindakan
Soal Nomor 37
37. Bagaimana strategi terbaik dalam mengajarkan materi
PAI kepada peserta didik Gen Z yang cenderung memiliki karakteristik digital
natives?
A.
Memanfaatkan
media digital interaktif seperti video, podcast, dan game edukatif dalam
pembelajaran PAI
B.
Menggunakan
metode ceramah tanpa melibatkan teknologi dalam penyampaian materi
C.
Memberikan
tugas berbasis eksplorasi digital, seperti membuat konten dakwah di media
sosial
D.
Mengandalkan
buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik Gen Z
E.
Menggunakan
aplikasi kuis interaktif dan pembelajaran berbasis gamifikasi
JAWABAN : A. Memanfaatkan media digital interaktif
seperti video, podcast, dan game edukatif dalam pembelajaran PAI
Soal Nomor 38
38. Bagaimana karakteristik utama peserta didik Generasi
Alpha yang membedakannya dari Generasi Z dalam pembelajaran PAI?
A.
Generasi
Alpha lebih responsif terhadap pembelajaran berbasis AI dan interaksi digital
dibandingkan Gen Z
B.
Generasi
Alpha lebih tertarik pada pembelajaran berbasis tradisional tanpa teknologi
C.
Generasi
Alpha memiliki rentang perhatian lebih pendek dibandingkan Gen Z, sehingga
membutuhkan metode pembelajaran yang lebih visual dan dinamis
D.
Generasi
Alpha cenderung lebih tertutup terhadap perkembangan teknologi dalam belajar
E.
Generasi
Alpha memiliki kemampuan multitasking yang lebih tinggi dibandingkan Gen Z
dalam menyerap informasi
JAWABAN : A. Generasi Alpha lebih responsif
terhadap pembelajaran berbasis AI dan interaksi digital dibandingkan Gen Z
Soal Nomor 39
39. Dalam menyampaikan materi PAI kepada peserta didik
Generasi Z dan Alpha, bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan
mereka?
A.
Menggunakan
pendekatan blended learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan
digital
B.
Menghindari
penggunaan teknologi karena dianggap mengganggu fokus belajar siswa
C.
Mengajak
siswa untuk berpartisipasi aktif melalui proyek berbasis komunitas dan media
digital
D.
Menggunakan
metode satu arah tanpa memberi ruang diskusi dan eksplorasi
E.
Memanfaatkan
platform media sosial untuk membangun interaksi dalam memahami nilai-nilai
Islam
JAWABAN : A. Menggunakan pendekatan blended
learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan digital
Soal Nomor 40
40. Bagaimana peserta didik Generasi Alpha biasanya
memproses informasi dalam pembelajaran PAI?
A.
Melalui
pengalaman belajar berbasis visual, interaktif, dan pendekatan berbasis
augmented reality (AR)
B.
Mengandalkan
metode ceramah tanpa eksplorasi mandiri
C.
Menggunakan
pembelajaran berbasis pengalaman dan simulasi digital
D.
Cenderung
pasif dalam menerima informasi tanpa keterlibatan aktif dalam pembelajaran
E.
Lebih
mudah memahami materi dengan kombinasi audio, video, dan storytelling
interaktif
JAWABAN : A. Melalui pengalaman belajar berbasis
visual, interaktif, dan pendekatan berbasis augmented reality (AR)
Soal Nomor 41
41. Apa tantangan utama dalam mengajarkan PAI kepada
peserta didik Gen Z dan Alpha?
A.
Rentang
perhatian yang lebih pendek sehingga membutuhkan variasi metode pembelajaran
yang lebih dinamis
B.
Kesulitan
siswa dalam mengakses informasi digital
C.
Tingginya
ketergantungan pada teknologi sehingga membutuhkan keseimbangan antara digital
dan interaksi langsung
D.
Kesulitan
siswa dalam beradaptasi dengan platform pembelajaran digital
E.
Kurangnya
motivasi siswa dalam memahami konsep-konsep Islam jika tidak dikaitkan dengan
kehidupan nyata mereka
JAWABAN : A. Rentang perhatian yang lebih pendek
sehingga membutuhkan variasi metode pembelajaran yang lebih dinamis
Soal Nomor 42
42. Bagaimana cara guru PAI menyesuaikan metode
pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik Generasi Z?
A.
Menggunakan
pendekatan flipped classroom agar siswa lebih aktif dalam mengeksplorasi materi
B.
Memberikan
tugas berbasis hafalan tanpa mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa
C.
Memanfaatkan
media sosial sebagai sarana diskusi interaktif mengenai nilai-nilai Islam
D.
Menghindari
teknologi dalam pembelajaran agar tidak mengganggu fokus siswa
E.
Menggunakan
podcast dan video interaktif sebagai alat bantu dalam memahami konsep PAI
JAWABAN : A. Menggunakan pendekatan
flipped classroom agar siswa lebih aktif dalam mengeksplorasi materi
Soal Nomor 43
43. Apa dampak terbesar dari karakteristik Generasi Alpha
terhadap pola pembelajaran PAI?
A.
Meningkatnya
kebutuhan akan pembelajaran berbasis pengalaman dan teknologi digital yang
lebih canggih
B.
Berkurangnya
minat terhadap pembelajaran yang berbasis kolaborasi
C.
Adanya
preferensi terhadap pembelajaran yang lebih individual dan berbasis eksplorasi
digital
D.
Kesulitan
siswa dalam memahami konsep Islam tanpa bimbingan langsung dari guru
E.
Kecenderungan
untuk lebih mudah memahami konsep abstrak melalui media digital interaktif
JAWABAN : A. Meningkatnya kebutuhan akan
pembelajaran berbasis pengalaman dan teknologi digital yang lebih canggih
Soal Nomor 44
44. Bagaimana peran utama seorang guru profesional dalam
menghadapi perkembangan AI dalam pembelajaran PAI?
A.
Mengandalkan
teknologi AI tanpa melakukan interaksi langsung dengan siswa
B.
Menyesuaikan
strategi pembelajaran dengan perkembangan teknologi agar tetap relevan dengan
kebutuhan siswa
C.
Menghindari
penggunaan AI karena dikhawatirkan menggantikan peran guru dalam pembelajaran
D.
Memanfaatkan
AI sebagai alat bantu untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, bukan
menggantikan peran guru
E.
Menggunakan
AI untuk memberikan umpan balik otomatis kepada siswa dalam memahami konsep
Islam
JAWABAN : D. Memanfaatkan AI sebagai alat bantu
untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, bukan menggantikan peran guru
Soal Nomor 45
45. Apa tantangan utama bagi guru PAI dalam
mengintegrasikan AI dalam pembelajaran?
A.
Ketergantungan
penuh pada AI tanpa mempertimbangkan pendekatan humanistik dalam pembelajaran
B.
Kurangnya
pemahaman tentang bagaimana AI dapat digunakan secara efektif dalam
pembelajaran
C.
Adanya
resistensi dari sebagian guru dalam mengadopsi teknologi AI karena faktor
kebiasaan
D.
Keterbatasan
akses terhadap teknologi AI yang berkualitas di beberapa sekolah
E.
Ketidakmampuan
AI dalam mengajarkan aspek spiritual dan afektif dalam PAI
JAWABAN : B. Kurangnya pemahaman tentang
bagaimana AI dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran
Soal Nomor 46
46. Bagaimana AI dapat membantu guru dalam meningkatkan
efektivitas pembelajaran PAI?
A.
Menggunakan
AI secara eksperimen tanpa memahami prinsip pedagogik yang mendasarinya
B.
Memberikan
rekomendasi materi yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan belajar siswa
C.
Menggantikan
peran guru dalam menyampaikan seluruh materi pembelajaran
D.
Membantu
guru dalam melakukan analisis data hasil belajar untuk meningkatkan strategi
pengajaran
E.
Menggunakan
chatbot AI untuk menjawab pertanyaan siswa terkait pemahaman materi PAI secara
interaktif
JAWABAN : B. Memberikan rekomendasi materi yang
dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan belajar siswa
Soal Nomor 47
47. Bagaimana guru PAI dapat mempertahankan nilai-nilai
Islam dalam pembelajaran berbasis AI?
A.
Menghindari
penggunaan AI dalam pembelajaran PAI karena dianggap tidak relevan dengan
nilai-nilai agama
B.
Mengembangkan
modul pembelajaran berbasis AI yang tetap mengacu pada prinsip-prinsip ajaran
Islam
C.
Mengandalkan
AI sepenuhnya untuk mengajarkan nilai-nilai keislaman tanpa intervensi guru
D.
Menggunakan
AI sebagai alat bantu tanpa meninggalkan peran utama sebagai pendidik nilai dan
akhlak
E.
Mengintegrasikan
konten Islami ke dalam platform digital yang berbasis AI
JAWABAN : D. Menggunakan AI sebagai alat bantu
tanpa meninggalkan peran utama sebagai pendidik nilai dan akhlak
Soal Nomor 48
48. Bagaimana seorang guru PAI profesional di era digital
dapat meningkatkan kompetensinya dalam menggunakan AI?
A.
Mempelajari
dan mengadaptasi model pembelajaran digital yang sudah berhasil diterapkan di
sekolah lain
B.
Mengandalkan
pengalaman pribadi tanpa belajar lebih lanjut tentang AI dalam pendidikan
C.
Berkolaborasi
dengan ahli teknologi untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis AI
D.
Mengikuti
pelatihan dan sertifikasi teknologi pendidikan berbasis AI
E.
Menggunakan
AI tanpa memahami prinsip pedagogik yang mendasarinya
JAWABAN : D. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi
teknologi pendidikan berbasis AI
Soal Nomor 49
49. Bagaimana peran teknologi AI dalam membantu asesmen
pembelajaran PAI?
A.
Mempermudah
analisis hasil belajar siswa melalui sistem evaluasi otomatis berbasis AI
B.
Menghapus
peran guru dalam menilai pemahaman dan akhlak siswa
C.
Menggunakan
AI untuk memberikan umpan balik langsung terhadap jawaban siswa dalam kuis
interaktif
D.
Mengandalkan
AI tanpa adanya verifikasi dari guru terhadap hasil asesmen
E.
Memanfaatkan
AI untuk mendeteksi pola kesulitan belajar siswa dan memberikan rekomendasi
solusi
JAWABAN : A. Mempermudah analisis hasil belajar
siswa melalui sistem evaluasi otomatis berbasis AI
Soal Nomor 50
50. Apa dampak negatif yang mungkin muncul jika guru tidak
memahami peran AI dalam pembelajaran?
A.
AI secara
otomatis dapat menggantikan peran guru dalam mendidik akhlak siswa
B.
Guru
mengalami kesulitan dalam menyesuaikan metode pengajaran dengan perkembangan
teknologi
C.
Pembelajaran
berbasis AI akan sepenuhnya menggantikan model pembelajaran tatap muka
D.
Kurangnya
efektivitas dalam penggunaan teknologi sehingga pembelajaran tidak optimal
E.
Guru
menjadi kurang relevan dengan kebutuhan belajar siswa di era digital
JAWABAN : D. Kurangnya efektivitas dalam penggunaan teknologi sehingga pembelajaran tidak optimal
semoga artikel kami 50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025 bermanfaat untuk anda semuanya. sampai jumpa di next artikel.
jangan lupa juga simak artikel kita lainnya:
Download Modul PPG PAI Daljab Kemenag 2025 Langkap Batch 1,2 dan 3 Modul Profesional, Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran
50 SOAL TES AKHIR MODUL PROFESIONAL 50 SOAL DAN JAWABANNYA PPG PAI DALJAB BATCH 2 DAN 3
Belum ada Komentar untuk "50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025"
Posting Komentar
Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!