50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025

50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025

Bimillah kali ini kita akan berbagi soal TAM ( Soal Tugas Akhir modul Pedagogik) yang tentunya sudah dinantikan banyak orang saat ini yang mau melakukan test. dan tenntunya soal batch 1,2 dan 3 masih sama . dan kita berada di LPK : Raden Mas Said Surakarta. PPG PAI Daljab tahun 2025 dilaksanakan serentak hingga ribuan anggota yang masuk kedalam group resmi. kita masuk di batch 2. oke langsung saja kita simak soal dan kunci jawabanya. dan tentunya dijamin 100% lulus nilai 100. 

simak berikut ini video pembahasannya dan kuncinya : 


untuk menghargai jasa dan karya saya silahkan simak sampai akhir dan di like dan subscribe.. terimakasih.

SOAL 1

1.     Dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL), peran guru lebih menekankan pada:

A.    Menyampaikan materi secara langsung agar siswa lebih memahami konsep.

B.    Memberikan petunjuk dan membimbing siswa dalam mengidentifikasi masalah.

C.    Memfasilitasi diskusi kelompok dan mengarahkan siswa mencari solusi mandiri.

D.    Menguji pemahaman siswa dengan kuis dan ujian sebelum memberi materi tambahan .

E.    Membiarkan siswa menemukan solusi sendiri tanpa arahan apapun dari guru.

 

JAWABBNYA ADALAH :

C.Memfasilitasi diskusi kelompok dan mengarahkan siswa mencari solusi mandiri.

SOAL 2

2.     Salah satu indikator keberhasilan pembelajaran berbasis masalah adalah:

A.    Siswa mampu menghafal dan mengulang konsep yang diajarkan guru.

B.    Siswa aktif bertanya dan berdiskusi untuk menemukan solusi masalah.

C.    Guru dapat menyelesaikan seluruh materi yang telah direncanakan.

D.      Siswa mengerjakan tugas yangidiberkan tonpalharbs berdiskisi.

E.    Seluruh siswa mendapat nilai tinggi tanpa refleksi pembelajaran

 

JAWABANNYA ADALAH :

B.Siswa aktif bertanya dan berdiskusi untuk menemukan solusi masalah.

SOAL 3

 

3.     Dalam tahap identifikasi masalah pada model PBL, hal utama yang perlu dilakukan siswa adalah:

A.    Menyusun hipotesis berdasarkan informasi yang telah diberikan oleh guru

B.    Menganalisis permasalahan dari berbagai sudut pandang berdasarkan data yang dikumpulkan

C.    Mencari jawaban langsung dari bukl teks atau materi yang diberikan guru

D.    Menunggu arahan guru dalam menentukan langkah-langkah penyelesaian.

E.    Langsung membuat solusi tanpa memahami latar belakang masalah

JAWABANNYA ADALAH :

B.Menganalisis permasalahan dari berbagai sudut pandang berdasarkan data yang dikumpulkan

SOAL 4

4.     Keuntungan utama penerapan model PBL dalam pembelajaran adalah:

A.    Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa

B.    Memudahkan guru dalam menyampaikan seluruh materi dalam waktu singkat

C.    Mengurangi beban guru karena siswa belajar sécara mandiri

D.    Mengutamakan kecepatan siswa dalam menyelesaikan tugas dibanding pemahaman mendalam

E.    Membantu siswa menghafal konsep-konsep penting;dalam mata pelajaran

 

JAWABANNYA ADALAH :

A.Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa

 

SOAL 5

5.     Strategi yang paling efektif dalam mengevaluasi keberhasilan pembelajaran berbasis masalah adalah:

A.    Memberikan tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman teori siswa

B.    Menilai proses berpikir siswa melalui portofolio dan refleksi pembelajaran

C.    Mengamati keterampilan siswa dalam mengerjakan soal secara individu

D.    Memeriksa catatan siswa untuk memastikan mereka mencatat-sernua iniformasi penting

E.    Melihat hasil akhir proyek atdu’solusi yang dihasilkan oleh Kelompok siswa

JAWABANNYA ADALAH :

B.Menilai proses berpikir siswa melalui portofolio dan refleksi pembelajaran

 

SOAL 6

6.     Dalam model pembelajaran berbasis proyek (PJBL), peran utama guru adalah...

A.    Memfasilitasi proses pembelajaran dengan memberikan panduan dan sumber daya yang relevan

B.    Membantu siswa dalam melakukan fefleksi dan evaluasi terhadap proyek yang telah dikerjakan

C.    Menyampaikan seluruh materi terlebih dahulu sebelum siswa memulai proyeknya

D.    Memberikan umpan balik selama proses penegrjaan proyek agar siswa dapat melakukan perbaikan

E.       Membiarkan siswa bekerja sepenuhnya tanpa campur tangan guru agar mereka lebih mandiri

 

JAWABANNYA ADALAH :

A.Memfasilitasi proses pembelajaran dengan memberikan panduan dan sumber daya yang relevan

 

SOAL 7

7.     Menurut teori diferensiasi, pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Manakah pernyataan berikut yang paling tepat menggambarkan prinsip dasar diferensiasi?

A.    Guru harus menggunakan satu metode mengajar untuk semua siswa agar adil

B.    Guru harus menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan minat, kesiapan, dan profil belajar siswa

C.    Guru hanya perlu fokus-pada.siswa yang-memiliki kemompuan akademik tinggi

D.    Guru harus menghilangkan penilaian untuk mengurangi tekanan pada siswa

E.    Guru harus memberikan materi yang soma kepada semua siswa tanpa mempertimbangkan perbedaan individu

 

JAWABANNYA ADALAH :

B.Guru harus menyesuaikan materi, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan minat, kesiapan, dan profil belajar siswa

 

SOAL 8

8.     Apa tujuan utama dari pendekatan Differentiated Instruction dalam pembelajaran?

A.    Memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa

B.    Menyesuaikan materi hanya bagi siswa dengan kesulitan belajar

C.    Mengajarkan materi yang sama'déngan metode yang seragam untuk semua siswa

D.    Menggunakan asesmen untuk mengelompokkan siswa kedalam level tetap.

E.       Memberikan tugas tambahan bagi siswa dengan nilai rendah

 

JAWABANNYA ADALAH :

A.Memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa

 

SOAL 9

9.     Bagaimana cara guru menyesuaikan "proses” dalam pembelajaran diferensiasi?

A.    Memberikan pilihan aktivitas berdasarkan gaya belajar siswa

B.    Memastikan semua siswa menyelesaikan tugas yang sama dalam waktu yang sama

C.    Menyediakan tambahan waktu hanya bagi siswa dengan kesulitan belajar

D.    Menggunakan satu metode pengajaran yang dirancang untuk mayoritas siswa

E.        Menawarkan kegiatan berbasis proyek bagi siswa yang lebih cepat menyelesaikan tugas

JAWABANNYA ADALAH :

A.Memberikan pilihan aktivitas berdasarkan gaya belajar siswa

SOAL 10

10. Dalam praktik Differentiated Instruction, “produk” mengacu pada..

A.    Cara siswa menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai format sesuai preferensi mereka

B.    Tes tertulis standar yang digunakan untuk semua siswa

C.    Pemberian tugas tambahan bagi siswa yang belum mencapal standar kompetensi

D.    Memberikan proyek dengan satu format tertentu yang sama untuk seluruh kelas.

E.    Membiarkan siswa memilih format tugas tetapi tetap mempertahankan standar akademik yang sama.

 

JAWABANNYA ADALAH :

A.Cara siswa menunjukkan pemahaman mereka dalam berbagai format sesuai preferensi mereka

 

 

11. Jelaskan bagaimana konsep dasar Differentiated Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam….

 

A.    Menjelaskan definisi Differentiated Learning tanpa contoh konkret

B.    Menjelaskan definisi dan menyebutkan satu prinsip Differenticted Learning

C.    Menjelaskan definisi, prinsip, dan memberikan satu contoh sederhana dalam PAI

D.    Menjelaskan definisi, prinsip dan memberikan contoh konkret dalam PAI dengan  analisis kebutuhan siswa

E.    Menjelaskan definisi, prinsip, contoh konkret, serta strategi evaluasi dampaknya dalam PAI

 

JAWABANNYA : E. Menjelaskan definisi, prinsip, contoh konkret, serta strategi evaluasi dampaknya dalam PAI

 

12. Dalam Differentiated-Based Learning, guru PAI harus menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Manakah strategi berikut yong paling sesuai dengan pendekatan ini?

A.    Menyampaikan materi PAl secara klasikal tanpa mempertimbangkan perbedaan siswa

B.    Memberian tugas tambahan bagi siswa yang berprestasi tinggi agar mereka tidak bosan

C.    Menggunakan satu metode pembelajaran tetapi menyesvaikan tingkat kesulitannyo

D.    Menggunakan berbagal strategi pembelajaran sesual dengan kesiapan, minat, dan gaya bellajar siswa

E.    Mendesain pembelajaran yang fieksibel dengan strategi yang beragam, menggunakan asesmen formatif untuk menyesuaikan kebutuhan setiap siswa

 

JAWABANNYA : E. Mendesain pembelajaran yang fieksibel dengan strategi yang beragam, menggunakan asesmen formatif untuk menyesuaikan kebutuhan setiop siswa

 

 

13. Dalam konteks pembelajaran PAI berbasis TPACK, bagaimana seorang guru dapat mengintegrasikan teknologi secara efektif?

 

A.    Menggunakan PowerPoint untuk menyampaikan materi secara klasikal

B.    Memanfaatkan video pembelajaran untuk memperjelas konsep agama Islam

C.    Menggunakan Learning Management System (LMS) untuk memberikan tugas dan materi kepada siswa.

D.    Memadukan berbagai teknologl interaktif seperti simulasi, diskusi online, dan asesmen digital untuk meningkatkan pemahaman siswa

E.    Mendesain pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, mengintegrasikan alat digital secara kreatif, dan menerapkan asesmen berbasis teknologi secara berkelanjutan

 

JAWABANNYA : E. Mendesain pembelajaran berbasis teknologi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, mengintegrasikan alat digital secara kreatif, dan menerapkan asesmen berbasis teknologi secara berkelanjutan

 

14. Bagaimana penerapan TPACK dalam pembelajoran PAl dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa?

A.    Siswa menghafal ayat dan hadis menggunakan aplikasi digital

B.    Guru memberikan materi dengan ceramah lalu menguji pemahaman siswa melalui ujian daring

C.    Siswa diberikan okses ke sumber digital untuk mengeksplorasi berbagai tafsir Al-Qur'an dan hadis

D.    Guru memandu siswa dalam menganalisis dan membandingkan berbagal pandangan ulama melalui diskusi berbasis platform digital

E.    Siswa secara mandiri meneliti, mengevaluasi dan menyajikan analisis Mereka tentang isu-isu Islam kontemporer menggunakan berbagai media teknologi

 

JAWABANNYA : E. Siswa secara mandiri meneliti, mengevaluasi dan menyajikan analisis Mereka tentang isu-isu Islam kontemporer menggunakan berbagai media teknologi

 

15. Seorang guru PAI ingin menggunakan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis proyek (PBL). Strategi mana yang paling sesuai dengan pendekatan TPACK?

A.    Siswa menonton video ceramah keagamaan di YouTube dan merangkum isinya

B.    Guru meminta siswa membuat presentasi PowerPoint tentang sejarah Islam

C.    Siswa melakukan penelitian daring mengenai dampak media sosial terhadap akhlak remaja dan ‘menyajikannya dalam bentuk esai digital

D.    Siswa mengembangkan proyek dakwah digital dengan berbagal media (blog, podcast, atau video Interaktif) dan mempresentasikannyGdelom/fofum giskUsi"doring

E.    Siswa secara kolaboratif merancang kampanye edukasi Islam berbasis multimedia menggunakan berbagai teknologi (website, animasi, dan media sosial) serta mengukur dampaknya melalui data analitik digital

 

JAWABANNYA :

E.Siswa secara kolaboratif merancang kampanye edukasi Islam berbasis multimedia menggunakan berbagai teknologi (website, animasi, dan media sosial) serta mengukur dampaknya melalui data analitik digital

 

16. Dalam pembelajaran PAI berbasis TPACK, bagaimana cara terbaik untuk menyesuaikan teknologi dengan prinsip pedagogi yang efektif?

A.    Memilih teknologi tanpa mempertimbangkan kesesuaian dengan metode pembelajaran

B.    Menggunakan teknologi hanya untuk membuat pembelajaran lebih menarik

C.    Mengintegrasikan teknologi yang mendukung interaksi siswa dalam pembelajaran berbasis diskusi

D.    Menggunakan teknologi untuk memperkuat strategi pembelajaran aktif, seperti eksplorasi mandiri dan pembelajaran berbasis proyek

E.    Menyesuaikan teknologi dengan kebutuhan pembelajaran, memastikan keselarasan dengan strategi pedagogis, dan terus mengevalvasi efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan pemahaman siswa

 

JAWABANNYA :

E.Menyesuaikan teknologi dengan kebutuhan pembelajaran, memastikan keselarasan dengan strategi pedagogis, dan terus mengevalvasi efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan pemahaman siswa

 

 

17. Dalam konsep TPACK, bagaimana peran Content Knowledge (CK) dalam pembelajaran PAI yang berbasis teknologi?

A.    Hanya mengandalkan buku teks sebagai sumber utama materi

B.    Menggunakan teknologi untuk menampilkan konten secara visual tanpa penguatan pemahaman

C.    Mengombinasikan berbagai sumber digital untuk memperkaya materi keislaman

D.    Memilih teknologi yang membantu siswa mengeksplorasi dan memahami konten Islam secara lebih dalam

E.    Mengembangkan pembelajaran yang menghubungkan teori dan (praktik Islam dengan teknologi, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual & Sebelumnya

 

JAWABANNYA : E. Mengembangkan pembelajaran yang menghubungkan teori dan (praktik Islam dengan teknologi, serta memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan kontekstual & Sebelumnya

 

18. Seorang guru ingin menggunakan teknologi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap hukum Islam (Fiqh). Strategi mana yang paling efektif?

A.    Siswa membaca buku teks digital tentang fiqh

B.    Guru menampilkan video tentang praktik ibadah sehari-hari

C.    Siswa mengakses aplikasi simulasi interaktif tentang praktik ibadah:

D.    Siswa berdiskusi dan menganalisis kasus fiqh melalui forum daring berbasis teknologi

E.    Siswa menggunakan berbagai teknologi untuk mengeksplorasi, menganalisis, dan membuat simulasi hukum fiqih dalam konteks kehidupan nyata, serta mempresentasikannya dalam platform digital

 

JAWABANNYA :E. Siswa menggunakan berbagai tekndjogi untuk mengeksplorasi, menganalisis, dan membuat simulasi hukum fiqih dalam konteks kehidupan nyata, serta mempresentasikannya dalam platform digital

 

19. Bagaimana pencekatan mindful learning dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI?

A.    Siswa memibaca teks Al-Qur‘an dan hadis tanpa refleksi terhadap maknanya

B.    Siswa hanya mendengarkan ceramah agama tanpa keterlibatan aktif

C.    Siswa terlibat dalam diskus! mendalam dan praktik ibadah dengan kesadaran penuh

D.    Siswa melakukan refleksi ctas ajaran Isiam dan mengaitkennys dengan pengalaman pribadi

E.    Siswa menginternalisasi nilai-nilai Islam melalui meditasi reflektif, praktik ibadah yang khusyuk, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari

 

JAWABANNYA : E. Siswa menginternalisasi nilai-nilai Islam melalui meditasi reflektif, praktik ibadah yang khusyuk, dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

20. Bagaimana strategi terbaik untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna (Meaningful Learning) dalam PAI?

A.    Siswa hanya menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tanpa memahami maknanya

B.    Guru memberikan materi secara tekstual tanpa menjelaskan relevansi dengan kehidupan siswa

C.    Siswa mengaitkan pembelajaran PAI dengan tantangan dunia nyata melalui proyek sosial

D.    Siswa merancang solusi berbasis nilai islam Untuk permasalahan sosial dan ménerapkannya dalam aksi nyata

E.    Siswa berdiskusi tentang makna ajaran Islam dalam konteks sosial saat ini

 

JAWABANNYA: D. Siswa merancang solusi berbasis nilai islam Untuk permasalahan sosial dan ménerapkannya dalam aksi nyata

 

Soal Nomor 21

21. Dalam pembelajaran PAI, bagaimana joyful learning dapat diterapkan secara efektif?

A.    Guru mengintegrasikan teknologi interaktif seperti kuis digital dalam pembelajaran

B.    Guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa interaksi

C.    Siswa diajak bermain game edukatif tanpa adanya refleksi mendalam

D.    Pembelajaran dirancang dengan pendekatan gamifikasi, seni, dan pengalaman kolaboratif yang menyenangkan, sekaligus membangun pemahaman dan kecintaan pada ajaran Islam

E.    Siswa terlibat dalam kegiatan kreatif seperti drama keislaman, musik religi, atau proyek multimedia berbasis Islam

JAWABANNYA: D. Pembelajaran dirancang dengan pendekatan gamifikasi, seni, dan pengalaman kolaboratif yang menyenangkan, sekaligus membangun pemahaman dan kecintaan pada ajaran Islam

 

Soal Nomor 22

22. Seorang guru PAI ingin menerapkan mindful learning dalam memahami konsep ihsan. Strategi mana yang paling tepat?

A.    Meminta siswa menuliskan pengertian ihsan tanpa menganalisisnya lebih lanjut

B.    Menjelaskan definisi ihsan secara teoritis tanpa keterlibatan siswa

C.    Siswa melakukan studi kasus tentang penerapan ihsan dalam kehidupan nyata

D.    Siswa secara aktif mempraktikkan ihsan melalui kegiatan reflektif, meditasi spiritual, dan proyek sosial berbasis kasih sayang serta keikhlasan

E.    Guru membimbing siswa dalam latihan kesadaran (contemplative practice) untuk merasakan makna ihsan dalam ibadah dan interaksi sosial

 

JAWABANNYA ; D. Siswa secara aktif mempraktikkan ihsan melalui kegiatan reflektif, meditasi spiritual, dan proyek sosial berbasis kasih sayang serta keikhlasan

 

 

Soal Nomor 23

23. Bagaimana pembelajaran PAI berbasis meaningful learning dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang toleransi beragama?

A.    Siswa hanya menghafal ayat dan hadis tentang toleransi

B.    Siswa melakukan wawancara dengan tokoh lintas agama untuk memahami perspektif yang berbeda

C.    Guru menjelaskan teori toleransi tanpa contoh aplikatif

D.    Siswa mengembangkan proyek kolaboratif lintas agama yang menumbuhkan pemahaman dan empati dalam keberagaman

E.    Siswa membahas kasus toleransi beragama di Indonesia melalui diskusi kelompok

 

JAWABANNYA : D. Siswa mengembangkan proyek kolaboratif lintas agama yang menumbuhkan pemahaman dan empati dalam keberagaman

 

Soal Nomor 24

24. Dalam konteks joyful learning, bagaimana cara terbaik bagi guru untuk mengajarkan konsep syukur kepada siswa?

A.    Siswa mengembangkan proyek 'Hari Syukur' di mana mereka menunjukkan rasa syukur melalui aksi sosial

B.    Meminta siswa menuliskan daftar hal-hal yang mereka syukuri

C.    Mengajarkan konsep syukur dengan ceramah dan pemberian tugas membaca

D.    Pembelajaran berbasis pengalaman, di mana siswa menjalani tantangan hidup sederhana selama sehari, lalu merefleksikan dan mengekspresikan syukur dalam bentuk seni, cerita, atau media kreatif lainnya

E.    Siswa membuat jurnal syukur dan berbagi pengalaman dalam kelompok

 

JAWABANNYA : D. Pembelajaran berbasis pengalaman, di mana siswa menjalani tantangan hidup sederhana selama sehari, lalu merefleksikan dan mengekspresikan syukur dalam bentuk seni, cerita, atau media kreatif lainnya

 

 

Soal Nomor 25

25. Dalam konteks supervisi klinis untuk pembelajaran PAI, bagaimana cara terbaik seorang guru dapat merefleksikan efektivitas pengajaran berdasarkan bimbingan konseling?

A.    Guru melakukan analisis rekaman mengajar bersama supervisor untuk mengidentifikasi area peningkatan

B.    Guru hanya meminta umpan balik dari siswa tanpa diskusi lebih lanjut

C.    Supervisor memberikan kritik langsung tanpa refleksi bersama guru

D.    Guru membuat jurnal reflektif mengenai pengalaman mengajarnya dan mendiskusikannya dengan supervisor

E.    Guru mendengarkan masukan supervisor tanpa melakukan perbaikan konkret dalam strategi mengajarnya

 

JAWABAN : A. Guru melakukan analisis rekaman mengajar bersama supervisor untuk mengidentifikasi area peningkatan

 

Soal Nomor 26

26. Dalam supervisi klinis, bagaimana peran bimbingan konseling dalam meningkatkan kualitas pengajaran PAI?

A.    Membantu guru menemukan solusi dalam menghadapi tantangan emosional dan pedagogis

B.    Hanya menilai kinerja guru tanpa memberikan umpan balik yang membangun

C.    Memberikan pendekatan berbasis refleksi dan kolaborasi untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru

D.    Fokus pada pemberian kritik terhadap kelemahan guru tanpa solusi yang jelas

E.    Membantu guru dalam menghafal materi ajar tanpa mengevaluasi strategi pengajaran

 

JAWABANNYA : A. Membantu guru menemukan solusi dalam menghadapi tantangan emosional dan pedagogis


Soal Nomor 27

27. Bagaimana strategi supervisi klinis yang efektif dalam membimbing guru PAI menghadapi kesulitan mengajar siswa dengan kebutuhan khusus?

A.    Supervisor memberikan pelatihan dan simulasi interaktif terkait pengajaran inklusif dalam PAI

B.    Guru hanya diberi teori tentang pendidikan inklusif tanpa praktik nyata

C.    Guru diberi kebebasan penuh untuk menghadapi siswa tanpa bimbingan supervisor

D.    Guru mendiskusikan pengalaman mengajarnya dan diberikan solusi berbasis kasus oleh supervisor

E.    Supervisor hanya menilai performa guru tanpa memberikan pendampingan dalam pengajaran inklusif

 

JAWABANNYA : A  Supervisor memberikan pelatihan dan simulasi interaktif terkait pengajaran inklusif dalam PAI


Soal Nomor 28

28. Apa langkah utama dalam pendekatan supervisi klinis untuk meningkatkan efektivitas layanan bimbingan konseling dalam pembelajaran PAI?

A.    Observasi, refleksi, umpan balik, dan perbaikan strategi pembelajaran

B.    Supervisor hanya memberikan laporan evaluasi tanpa diskusi

C.    Guru diberikan kritik tajam tanpa adanya rencana tindak lanjut

D.    Guru diminta melakukan perubahan tanpa memahami alasan pedagogis di baliknya

E.    Guru dan supervisor bekerja sama dalam siklus perbaikan berbasis data dan pengalaman nyata di kelas

 

JAWABANNHYA : A. Observasi, refleksi, umpan balik, dan perbaikan strategi pembelajaran


Soal Nomor 29

29. Bagaimana layanan bimbingan konseling dapat membantu guru PAI mengembangkan keterampilan komunikasi dalam supervisi klinis?

A.    Supervisor membantu guru melalui latihan komunikasi asertif dalam pembelajaran PAI

B.    Guru hanya diberikan teori tentang komunikasi tanpa praktik langsung

C.    Guru diberikan simulasi interaksi dengan siswa dan refleksi terhadap cara komunikasi yang digunakan

D.    Guru belajar sendiri tanpa ada bimbingan dari supervisor

E.    Supervisor hanya memberikan kritik terhadap komunikasi guru tanpa memberikan strategi perbaikan

JAWABNNYA : C. Guru diberikan simulasi interaksi dengan siswa dan refleksi terhadap cara komunikasi yang digunakan

 


Soal Nomor 30

30. Bagaimana supervisi klinis dalam bimbingan konseling dapat membantu guru PAI menangani perbedaan latar belakang sosial budaya siswa?

A.    Supervisor memberikan pelatihan tentang pendekatan pedagogis berbasis multikulturalisme dalam PAI

B.    Guru diharuskan mengadaptasi metode pengajaran tanpa memahami budaya siswa

C.    Guru hanya mengajar berdasarkan kurikulum tanpa mempertimbangkan latar belakang siswa

D.    Guru melakukan refleksi tentang keanekaragaman siswa melalui diskusi dengan supervisor

E.    Guru menghadapi perbedaan budaya di kelas tanpa mendapatkan strategi konkret dari supervisi

 

JAWABNNYA ;  A. Supervisor memberikan pelatihan tentang pendekatan pedagogis berbasis multikulturalisme dalam PAI

 

Soal Nomor 31

31. Dalam pembelajaran PAI yang inklusif, bagaimana guru dapat menumbuhkan empati dan toleransi antar siswa?

A.    Melibatkan siswa dalam kegiatan berbasis kerja sama yang mempromosikan kesetaraan dan penghargaan terhadap perbedaan

B.    Mengajarkan teori tentang toleransi tanpa implementasi nyata di kelas

C.    Memberikan ceramah tentang pentingnya inklusi tanpa interaksi langsung antar siswa

D.    Mengadakan diskusi dan refleksi kelompok tentang pengalaman siswa berkebutuhan khusus di sekolah

E.    Mendorong siswa untuk membantu teman berkebutuhan khusus tanpa bimbingan yang jelas

 

JAWABAN : A. Melibatkan siswa dalam kegiatan berbasis kerja sama yang mempromosikan kesetaraan dan penghargaan terhadap perbedaan

 

Soal Nomor 32

32. Apa tantangan utama dalam menerapkan pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI?

A.    Kurangnya sumber daya dan pelatihan bagi guru dalam menangani siswa berkebutuhan khusus

B.    Guru hanya mengajar sesuai kurikulum tanpa adaptasi bagi siswa inklusi

C.    Hambatan komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam menyusun strategi pembelajaran inklusif

D.    Guru tidak memiliki akses ke teknologi pendukung pembelajaran inklusif

E.    Kurangnya pemahaman teman sebaya terhadap kebutuhan siswa berkebutuhan khusus

 

JAWABAN : A. Kurangnya sumber daya dan pelatihan bagi guru dalam menangani siswa berkebutuhan khusus

 

Soal Nomor 33

33. Bagaimana seorang guru dapat mengevaluasi efektivitas pembelajaran PAI yang inklusif?

A.    Melakukan asesmen berbasis observasi, wawancara, dan portofolio siswa berkebutuhan khusus

B.    Memberikan ujian yang sama kepada semua siswa tanpa penyesuaian bagi siswa inklusi

C.    Menggunakan asesmen formatif yang mempertimbangkan keunikan setiap siswa dalam memahami ajaran Islam

D.    Hanya mengandalkan nilai ujian tertulis tanpa mempertimbangkan metode evaluasi alternatif

E.    Menilai siswa berkebutuhan khusus berdasarkan standar umum tanpa mempertimbangkan kebutuhan individual

 

JAWABAN : A. Melakukan asesmen berbasis observasi, wawancara, dan portofolio siswa berkebutuhan khusus

 

Soal Nomor 34

34. Bagaimana peran kolaborasi antara guru PAI dan guru pendamping khusus dalam pendidikan inklusi?

A.    Guru PAI dan guru pendamping bekerja sama dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai bagi siswa inklusi

B.    Guru PAI mengajar sendiri tanpa koordinasi dengan guru pendamping khusus

C.    Guru PAI hanya meminta masukan dari guru pendamping tanpa menerapkannya dalam pembelajaran

D.    Guru pendamping khusus menangani siswa inklusi secara terpisah tanpa keterlibatan guru PAI

E.    Guru PAI mengadakan diskusi rutin dengan guru pendamping untuk menyesuaikan metode ajar berdasarkan perkembangan siswa

 

JAWABAN : A. Guru PAI dan guru pendamping bekerja sama dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai bagi siswa inklusi

 

Soal Nomor 35

35. Dalam pembelajaran PAI yang inklusif, bagaimana guru dapat membangun motivasi belajar bagi siswa berkebutuhan khusus?

A.    Menciptakan lingkungan belajar yang suportif, adaptif, dan berbasis kekuatan setiap siswa

B.    Menyamaratakan ekspektasi tanpa mempertimbangkan keunikan siswa inklusi

C.    Memberikan apresiasi atas usaha siswa dalam memahami ajaran Islam tanpa hanya berfokus pada hasil

D.    Mengandalkan hukuman untuk mendisiplinkan siswa berkebutuhan khusus

E.    Menerapkan metode belajar berbasis proyek yang melibatkan siswa dalam eksplorasi ajaran Islam sesuai kemampuan mereka

 

JAWABAN: A. Menciptakan lingkungan belajar yang suportif, adaptif, dan berbasis kekuatan setiap siswa

 

Soal Nomor 36

36. Apa pendekatan terbaik untuk mengajarkan akhlak dalam Islam kepada siswa dengan gangguan perilaku?

A.    Menggunakan pendekatan berbasis kasih sayang dan refleksi terhadap konsekuensi dari setiap tindakan

B.    Memberikan hukuman fisik untuk menegakkan disiplin dalam pembelajaran PAI

C.    Melibatkan siswa dalam diskusi empati dan simulasi peran untuk memahami nilai-nilai Islam

D.    Mengabaikan perilaku siswa dengan alasan itu bukan tanggung jawab guru PAI

E.    Membantu siswa memahami nilai akhlak melalui metode pembelajaran berbasis pengalaman dan keterlibatan sosial

 

JAWABAN : A. Menggunakan pendekatan berbasis kasih sayang dan refleksi terhadap konsekuensi dari setiap tindakan

 

Soal Nomor 37

37. Bagaimana strategi terbaik dalam mengajarkan materi PAI kepada peserta didik Gen Z yang cenderung memiliki karakteristik digital natives?

A.    Memanfaatkan media digital interaktif seperti video, podcast, dan game edukatif dalam pembelajaran PAI

B.    Menggunakan metode ceramah tanpa melibatkan teknologi dalam penyampaian materi

C.    Memberikan tugas berbasis eksplorasi digital, seperti membuat konten dakwah di media sosial

D.    Mengandalkan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik Gen Z

E.    Menggunakan aplikasi kuis interaktif dan pembelajaran berbasis gamifikasi

 

JAWABAN : A. Memanfaatkan media digital interaktif seperti video, podcast, dan game edukatif dalam pembelajaran PAI

 

Soal Nomor 38

38. Bagaimana karakteristik utama peserta didik Generasi Alpha yang membedakannya dari Generasi Z dalam pembelajaran PAI?

A.    Generasi Alpha lebih responsif terhadap pembelajaran berbasis AI dan interaksi digital dibandingkan Gen Z

B.    Generasi Alpha lebih tertarik pada pembelajaran berbasis tradisional tanpa teknologi

C.    Generasi Alpha memiliki rentang perhatian lebih pendek dibandingkan Gen Z, sehingga membutuhkan metode pembelajaran yang lebih visual dan dinamis

D.    Generasi Alpha cenderung lebih tertutup terhadap perkembangan teknologi dalam belajar

E.    Generasi Alpha memiliki kemampuan multitasking yang lebih tinggi dibandingkan Gen Z dalam menyerap informasi

 

JAWABAN : A. Generasi Alpha lebih responsif terhadap pembelajaran berbasis AI dan interaksi digital dibandingkan Gen Z

 

Soal Nomor 39

39. Dalam menyampaikan materi PAI kepada peserta didik Generasi Z dan Alpha, bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan keterlibatan mereka?

A.    Menggunakan pendekatan blended learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan digital

B.    Menghindari penggunaan teknologi karena dianggap mengganggu fokus belajar siswa

C.    Mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif melalui proyek berbasis komunitas dan media digital

D.    Menggunakan metode satu arah tanpa memberi ruang diskusi dan eksplorasi

E.    Memanfaatkan platform media sosial untuk membangun interaksi dalam memahami nilai-nilai Islam

 

JAWABAN : A. Menggunakan pendekatan blended learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan digital

 

Soal Nomor 40

40. Bagaimana peserta didik Generasi Alpha biasanya memproses informasi dalam pembelajaran PAI?

A.    Melalui pengalaman belajar berbasis visual, interaktif, dan pendekatan berbasis augmented reality (AR)

B.    Mengandalkan metode ceramah tanpa eksplorasi mandiri

C.    Menggunakan pembelajaran berbasis pengalaman dan simulasi digital

D.    Cenderung pasif dalam menerima informasi tanpa keterlibatan aktif dalam pembelajaran

E.    Lebih mudah memahami materi dengan kombinasi audio, video, dan storytelling interaktif

 

JAWABAN : A. Melalui pengalaman belajar berbasis visual, interaktif, dan pendekatan berbasis augmented reality (AR)

 

Soal Nomor 41

41. Apa tantangan utama dalam mengajarkan PAI kepada peserta didik Gen Z dan Alpha?

A.    Rentang perhatian yang lebih pendek sehingga membutuhkan variasi metode pembelajaran yang lebih dinamis

B.    Kesulitan siswa dalam mengakses informasi digital

C.    Tingginya ketergantungan pada teknologi sehingga membutuhkan keseimbangan antara digital dan interaksi langsung

D.    Kesulitan siswa dalam beradaptasi dengan platform pembelajaran digital

E.    Kurangnya motivasi siswa dalam memahami konsep-konsep Islam jika tidak dikaitkan dengan kehidupan nyata mereka

 

JAWABAN : A. Rentang perhatian yang lebih pendek sehingga membutuhkan variasi metode pembelajaran yang lebih dinamis

 

Soal Nomor 42

42. Bagaimana cara guru PAI menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar peserta didik Generasi Z?

A.    Menggunakan pendekatan flipped classroom agar siswa lebih aktif dalam mengeksplorasi materi

B.    Memberikan tugas berbasis hafalan tanpa mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa

C.    Memanfaatkan media sosial sebagai sarana diskusi interaktif mengenai nilai-nilai Islam

D.    Menghindari teknologi dalam pembelajaran agar tidak mengganggu fokus siswa

E.    Menggunakan podcast dan video interaktif sebagai alat bantu dalam memahami konsep PAI

JAWABAN : A. Menggunakan pendekatan flipped classroom agar siswa lebih aktif dalam mengeksplorasi materi

 

Soal Nomor 43

43. Apa dampak terbesar dari karakteristik Generasi Alpha terhadap pola pembelajaran PAI?

A.    Meningkatnya kebutuhan akan pembelajaran berbasis pengalaman dan teknologi digital yang lebih canggih

B.    Berkurangnya minat terhadap pembelajaran yang berbasis kolaborasi

C.    Adanya preferensi terhadap pembelajaran yang lebih individual dan berbasis eksplorasi digital

D.    Kesulitan siswa dalam memahami konsep Islam tanpa bimbingan langsung dari guru

E.    Kecenderungan untuk lebih mudah memahami konsep abstrak melalui media digital interaktif

 

JAWABAN : A. Meningkatnya kebutuhan akan pembelajaran berbasis pengalaman dan teknologi digital yang lebih canggih

 

Soal Nomor 44

44. Bagaimana peran utama seorang guru profesional dalam menghadapi perkembangan AI dalam pembelajaran PAI?

A.    Mengandalkan teknologi AI tanpa melakukan interaksi langsung dengan siswa

B.    Menyesuaikan strategi pembelajaran dengan perkembangan teknologi agar tetap relevan dengan kebutuhan siswa

C.    Menghindari penggunaan AI karena dikhawatirkan menggantikan peran guru dalam pembelajaran

D.    Memanfaatkan AI sebagai alat bantu untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, bukan menggantikan peran guru

E.    Menggunakan AI untuk memberikan umpan balik otomatis kepada siswa dalam memahami konsep Islam

 

JAWABAN : D. Memanfaatkan AI sebagai alat bantu untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, bukan menggantikan peran guru

 

Soal Nomor 45

45. Apa tantangan utama bagi guru PAI dalam mengintegrasikan AI dalam pembelajaran?

A.    Ketergantungan penuh pada AI tanpa mempertimbangkan pendekatan humanistik dalam pembelajaran

B.    Kurangnya pemahaman tentang bagaimana AI dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran

C.    Adanya resistensi dari sebagian guru dalam mengadopsi teknologi AI karena faktor kebiasaan

D.    Keterbatasan akses terhadap teknologi AI yang berkualitas di beberapa sekolah

E.    Ketidakmampuan AI dalam mengajarkan aspek spiritual dan afektif dalam PAI

 

JAWABAN : B. Kurangnya pemahaman tentang bagaimana AI dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran

 

Soal Nomor 46

46. Bagaimana AI dapat membantu guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI?

A.    Menggunakan AI secara eksperimen tanpa memahami prinsip pedagogik yang mendasarinya

B.    Memberikan rekomendasi materi yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan belajar siswa

C.    Menggantikan peran guru dalam menyampaikan seluruh materi pembelajaran

D.    Membantu guru dalam melakukan analisis data hasil belajar untuk meningkatkan strategi pengajaran

E.    Menggunakan chatbot AI untuk menjawab pertanyaan siswa terkait pemahaman materi PAI secara interaktif

JAWABAN : B. Memberikan rekomendasi materi yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan belajar siswa

 

Soal Nomor 47

47. Bagaimana guru PAI dapat mempertahankan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran berbasis AI?

A.    Menghindari penggunaan AI dalam pembelajaran PAI karena dianggap tidak relevan dengan nilai-nilai agama

B.    Mengembangkan modul pembelajaran berbasis AI yang tetap mengacu pada prinsip-prinsip ajaran Islam

C.    Mengandalkan AI sepenuhnya untuk mengajarkan nilai-nilai keislaman tanpa intervensi guru

D.    Menggunakan AI sebagai alat bantu tanpa meninggalkan peran utama sebagai pendidik nilai dan akhlak

E.    Mengintegrasikan konten Islami ke dalam platform digital yang berbasis AI

 

JAWABAN : D. Menggunakan AI sebagai alat bantu tanpa meninggalkan peran utama sebagai pendidik nilai dan akhlak

 

Soal Nomor 48

48. Bagaimana seorang guru PAI profesional di era digital dapat meningkatkan kompetensinya dalam menggunakan AI?

A.    Mempelajari dan mengadaptasi model pembelajaran digital yang sudah berhasil diterapkan di sekolah lain

B.    Mengandalkan pengalaman pribadi tanpa belajar lebih lanjut tentang AI dalam pendidikan

C.    Berkolaborasi dengan ahli teknologi untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis AI

D.    Mengikuti pelatihan dan sertifikasi teknologi pendidikan berbasis AI

E.    Menggunakan AI tanpa memahami prinsip pedagogik yang mendasarinya

 

JAWABAN : D. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi teknologi pendidikan berbasis AI

 

Soal Nomor 49

49. Bagaimana peran teknologi AI dalam membantu asesmen pembelajaran PAI?

A.    Mempermudah analisis hasil belajar siswa melalui sistem evaluasi otomatis berbasis AI

B.    Menghapus peran guru dalam menilai pemahaman dan akhlak siswa

C.    Menggunakan AI untuk memberikan umpan balik langsung terhadap jawaban siswa dalam kuis interaktif

D.    Mengandalkan AI tanpa adanya verifikasi dari guru terhadap hasil asesmen

E.    Memanfaatkan AI untuk mendeteksi pola kesulitan belajar siswa dan memberikan rekomendasi solusi

 

JAWABAN : A. Mempermudah analisis hasil belajar siswa melalui sistem evaluasi otomatis berbasis AI

 

 

Soal Nomor 50

50. Apa dampak negatif yang mungkin muncul jika guru tidak memahami peran AI dalam pembelajaran?

A.       AI secara otomatis dapat menggantikan peran guru dalam mendidik akhlak siswa

B.       Guru mengalami kesulitan dalam menyesuaikan metode pengajaran dengan perkembangan teknologi

C.      Pembelajaran berbasis AI akan sepenuhnya menggantikan model pembelajaran tatap muka

D.      Kurangnya efektivitas dalam penggunaan teknologi sehingga pembelajaran tidak optimal

E.       Guru menjadi kurang relevan dengan kebutuhan belajar siswa di era digital

 

JAWABAN : D. Kurangnya efektivitas dalam penggunaan teknologi sehingga pembelajaran tidak optimal

semoga artikel kami 50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025 bermanfaat untuk anda semuanya. sampai jumpa di next artikel.

jangan lupa juga simak artikel kita lainnya:

Download Modul PPG PAI  Daljab Kemenag 2025  Langkap Batch 1,2 dan 3  Modul Profesional, Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran

50 SOAL TES AKHIR MODUL PROFESIONAL 50 SOAL DAN JAWABANNYA PPG PAI DALJAB BATCH 2 DAN 3 

Download Soal Pretes Modul Pedagogik Topik 1–8 PPG PAI Daljab Batch 2 dan 3 : Panduan Lengkap dengan Kuncinya 

Belum ada Komentar untuk "50 Soal TAM Pedagogik- Soal Tes Akhir Modul Pedagogik Lengkap dengan kunci jawaban - PPG PAI Daljab tahun 2025"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel