Cara Cerdas Mendidik Anak Agar Gemar Menabung



Sekolahdasarislam.web.id- kemarin kita sudah membahas tentang Effek Positif dan Negatif dariPenggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Tips Mengenai Mengajarkan anak agar bisa berhemat dan gemar menabung harus dilakukan sejak dini. Jika Anda terlambat mengajarkannya, bisa jadi buah hati Anda kelak akan sangat sulit diajarkan cara hidup hemat dengan menabung. 

Lalu, bagaimana caranya mengajarkan pentingnya menabung kepada buah hati Anda yang notabene belum paham soal perencanaan keuangan? Pada kesempatan kali ini akan dibahas bagaimana cara mendidik anak agar gemar menabung. Apa saja tipsnya? Simak ulasan dibawah ini!

Cara Mendidik Anak Agar Gemar Menabung
  1. Jadilah Contoh yang Baik
Dalam mengajarkan apapun pada anak, pondasi yang paling utama adalah dari orang tua itu sendiri. Anak-anak cenderung meniru kebiasaan orang-orang dewasa. Anda sebagai orang tua merupakan orang dewasa terdekat yang seharusnya bisa menjadi contoh yang baik bagi buah hati Anda. Oleh karena itu, Anda harus rajin menabung agar anak Anda juga ikut menyukainya.

  1. Berikan Uang Saku Mingguan atau Bulanan
Ketika buah hati Anda sudah sedikit dewasa, coba latih dia untuk mengatur keuangannya sendiri. Jika Anda biasa memberikan uang saku harian, cobalah memberikan uang saku secara mingguan. Atau jika buah hati Anda sudah lebih dewasa lagi, berikanlah uang saku secara bulanan.

 Dengan cara ini, maka jumlah uang saku yang Anda berikan akan terlihat lebih besar. Dari sini, ia akan berlatih menyusun rencana pengeluaran dan menyisihkan uang. Untuk menfasilitasi pembelajaran menabung ini, maka Anda harus menyiapkan poin ketiga.

  1. Sediakan Tempat Penyimpanan Uang
Poin ketiga ini perlu Anda siapkan dan komunikasikan pada si kecil. Cukup siapkan celengan karena mungkin jumlah uang yang bisa ia sisihkan masih sangat kecil nominalnya. Siapkan celengan lucu untuk buah hati Anda agar ia semakin bersemangat menabung. 

Jika celengannya sudah penuh, ajaklah ia untuk membuka celengan dan menghitungnya bersama-sama. Jika ia memiliki barang yang sangat diimpikan belikanlah dengan uang tersebut dan katakan jika barang tersebut merupakan hasil jerih payahnyan dalam berhemat selama ini. Dengan cara tersebut, buah hati Anda pasti akan merasa bangga dan semakin rajin menabung.

  1. Mengajarkan Kemurahan Hati
Anda dapat mengajarkan anak anda tentang begitu pentingnya uang dan sangat bergunanya uang dimata mereka.perlihatkanlah anak anda kepada seorang pengemis yang meminta minta dan mereka hanya di berikan receha, kemudian si pengemis atau anak yatim yang diberi uang akan mendoakan orang yang memberi nya uang.

 Dengan demikian anak anda akan lebih bijak dalam menggunakan uang untuk tabungan, berbagi sesama dan juga untuk kebutuhannya sehingga anak anda dapat memahami fungsi dari uang, tidak hanya sekedar untuk membeli keinginanya saja. Akan tetapi juga harus bermurah hati suka memberi.

  1. Menghadiahkan celengan lucu sesuai idolanya
Tips inilah ynag sangat manjur mengajarkan anak  - anak gemar menabung. Kita harus mengetahu idola mereka, misalnya idola mereka adalah spombob tokoh kartun misalnya .beri kado spesial untuk mereka spombob celengan jika mereka mendapatkan prestasi ataupun bisa membanggakan anda lewat prestasinya.

Demikianlah tips sederhana Mengenai Cara Cerdas Mendidik Anak Agar Gemar Menabung  . Mulailah mendidik anak untuk gemar menabung sejak dini agar kelak menjadi pribadi yang hemat dan cermat dalam mengatur keuangan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam! (Rindy)

Belum ada Komentar untuk "Cara Cerdas Mendidik Anak Agar Gemar Menabung "

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel