Effek Positif dan Negatif dari Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran


Sditnurulhudapraci.web.id – SDIT TV Kembali memposting artikel mengenai Effek Positif dan Negatif dari PenggunaanKomputer Sebagai Media Pembelajaran. yang tentunya sangat menarik untuk kita simak.

Di era perkembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi  yang sangat pesat seperti sekarang, turut memberi dampak pada sistem pembelajaran, terutama dari segi medianya. Sistem komputer beserta kelengkapan internet mulai menggeser media pembelajaran yang semula menggunakan papan tulis dan buku paket.

Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan komputer sebagai media pembelajaran. Pun demikian terdapat beberapa hal yang dianggap sebagai efek buruk penggunaan komputer dalam bidang pendidikan. Seperti apakah efek positif dan negatif komputer dalam konteks ini? Silahkan simak pembahasan di bawah ini!
  Baca Juga : Cara Jitu Mengajak Anak untuk Menghafal Al-Quran Dengan Cepat Dan Mudah
Sisi Positif dan Negatif Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Dengan menggunakan komputer beserta perangkat internetnya dalam proses belajar mengajar dapat memberikan banyak manfaat. Manfaat pertama yakni memungkinkan penyampaian materi pelajaran dengan lebih menarik.

Materi yang disampaikan dengan power point yang disisipi video atau ilustrasi tentu akan lebih meningkatkan pemahaman para siswa dibandingkan dengan hanya membaca buku paket. Akses informasi juga akan lebih mudah dan cepat dengan adanya dukungan internet. Siswa juga akan lebih bebas berinovasi dalam mengerjakan tugas karena sumber yang dimiliki lebih banyak.

Namun demikian, penggunaan komputer sebagai media pembelajaran juga tak lepas dari efek negatif. Banyak pihak yang mengklaim bahwa dengan adanya penyampaian materi melalui slide power point akan menyebabkan siswa menjadi malas mencatat.

 Fungsi komputer yang tidak hanya bisa untuk mengetik dan membaca materi namun juga dapat digunakan untuk bermain game dan menonton film dikhawatirkan membuat anak malas untuk belajar dan melakukan aktivitas sosial. Terlebih dengan adanya internet yang diklaim membuat anak semakin betah berlama-lama di depan komputer.

 Tak hanya itu, kebebasan mencari informasi apapun di internet terkadang membuat resah para orang tua kalau-kalau anak mereka mengakses konten yang tidak semestinya seperti pornografi dan kekerasan.

Walaupun demikian, perangkat komputer dan internet sifatnya netral. Efek baik atau buruk yang ditimbulkan sangat bergantung kepada penggunanya. Toh efek buruk yang ditimbulkan masih bisa dicegah dan ditanggulangi. Untuk itu, marilah bijak menggunakan komputer sebagai media pembelajaran agar semakin banyak manfaat yang kita peroleh. 

demikian artikel mengenai Effek Positif dan Negatif dari Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran semoga bermanfaat untuk kita semuanya jika berkenan silahkan untuk memberikan konetarnya di kolom bawah agar supaya SDIT  TV mendapatkan masukan yang positif . terimakasih.
autor : (Rindy)

Belum ada Komentar untuk "Effek Positif dan Negatif dari Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel