Cara Jitu Mengajak Anak untuk Menghafal Al-Quran Dengan Cepat Dan Mudah


kabar mekkah
Kabarmekkah
sekolahdasarislam.web.id - kali ini SDIT TV akan berbagi kepada anda semuanya bagaimana  Cara Jitu Mengajak Anak untuk Menghafal Al-Quran Dengan Cepat Dan Mudah Sungguh luar biasa keutamaan dari seorang Hafidz Al-Quran. Hafidz dan Hafidzah memiliki kedudukan yang sangat spesial di sisi Alloh dan Rasululloh. Setiap umat Islam selayaknya selalu berusaha untuk meraih kedudukan mulia tersebut. Tidak hanya untuk dirinya, namun juga untuk mencetak generasi penerus yang juga hafidz Qur-an. Lantas, bagaimana caranya mengajak anak untuk menghafal Al-Quran? Padahal rata-rata mereka masih cenderung  moody dan labil. Untuk mengetahuinya, silahkan simak tips sederhana di bawah ini!

  1. Mulailah sejak dalam kandungan
Mengajak anak untuk menghafal Al-Quran bisa dilakukan sejak awal, bahkan sejak bayi masih di dalam kandungan. Pada saat ini, bayi sudah memiliki kemampuan untuk mendengar dan otaknya juga sudah mulai berkembang. Sering memperdengarkan ayat Al-Quran pada bayi yang sedang dalam kandungan akan menstimulasi perkembangan otak janin serta mempermudah calon bayi untuk melafalkan kelak pada masa kanak-kanak.

  1. Memperdengarkan Al-Quran pada setiap kesempatan
Memori dan pendengaran pada anak-anak ibarat sebuah spons, dimana ia akan dengan mudah menyerap apa yang ia dengarkan setiap harinya. Untuk itu, gunakanlah kesempatan emas ini untuk mencetak generasi hafidz dan hafidzoh kebanggan Anda dengan memperdengarkan AL-Quran pada setiap kesempatan. Dengan demikian, ketika tiba saatnya untuk menghafal, maka anak akan lebih mudah melakukannya.

  1. Jangan Lupa Berikan Reward
Anak-anak merupakan makhluk yang sangat suka mendapatkan penghargaan. Maka dari itu, berilah penghargaan jika anak Anda berhasil menghafalkan beberapa ayat. Penghargaan tersebut tidak harus yang bersifat materi. Anda juga bisa sekedar memberikannya pujian, tepuk tangan, dan menghadiahkan pelukan untuk buah hati Anda.

  1. Tetaplah Bersabar Ketika Si Kecil Malas Menghafal
Ada kalanya Anda akan menjumpai keadaan dimana buah hati Anda malas untuk menhafal. Meskipun berjuta bujukan dan iming-iming hadiah sudah Anda keluarkan, namun tetap saja si kecil enggan menghafal. Tenang,, jangan panik atau terpancing emosi. Hal yang sangat lumrah bila anak kecil masih sering moody. Tetaplah menunjukkan kasih sayang Anda padanya. Anda bisa memangkunya sambil Anda sendiri membaca Al-Quran. Atau biarkan dia melakukan aktivitas yang disukai sementara Anda tetap menghafal. Jadilah contoh yang baik bagi anak-anak Anda.

Demikianlah seklumit tips tentang  Cara Jitu Mengajak Anak untuk Menghafal Al-Quran Dengan Cepat Dan Mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 
Autor : Rindy


Belum ada Komentar untuk " Cara Jitu Mengajak Anak untuk Menghafal Al-Quran Dengan Cepat Dan Mudah"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel