MATERI PELAJARAN PAI SD/MI BAB 8 KELAS 5 SEMESTER 2 - KISAH KHALIFAH ABU BAKAR R.A

menceritakan kisah sahabat nabi
BAB 8 kelas 5 semester 2 PAI
Kisah Khalifah Abu Bakar r a.

Abu Bakar As Sidiq adalah sahabat Rasulullah saw. yang paling utama bahkan ia adalah manusia paling mulia setelah para nabi dan rasul. Abu Bakar memeluk lslam ketika orang orang masih mengingkari Nabi. Abu Bakar yang lahir pada tahun 572 M dan wafat pada 23 Agustus 634 M atau tanggal 21 Jumadil Akhir 13 H, termasuk mereka yang paling awal memeluk Islam. Setelah Nabi Muhammad saw. wafat, Abu Bakar menjadi khalifah lslam yang pertama pada tahun 632 sampai 634 M. Abu Bakar adalah satu di antara empat khalifah yang diberi gelar Khulafaur Rasyidin atau khalifah yang diberi petunjuk.
Abu Bakar nama lengkapnya Abdullah bin Abu Quhafah. Ayahnya bernama Usman yang biasa dipanggil Abu Quhafah, sedangkan ibunya bernama Salma yang biasa dipanggil Ummul Khair. Abu Bakar berasal dari suku Taim. Nama kecil Abu Bakar adalah Abdul Kakbah yang mempunyai arti hamba Kakbah. Setelah masuk lslam, Abu Bakar diberi nama oleh Nabi Muhammad saw., yaitu Abdullah. Namun beliau sering dikenal dengan sebutan Abu Bakar dikarenakan beliau senang beternak unta. Kata bakar dalam bahasa Arab artinya unta muda.
Abu Bakar digelari As Sidiq artinya membenarkan, karena Abu Bakar selalu membenarkan apa yang dikatakan oleh Nabi Muhammad saw. dalam berbagai peristiwa, terutama pada waktu peristiwa Isra’ Mikraj.
Abu BakarAs Sidiq merupakan sahabat Nabi Muhammad saw. yang paling dekat dan yang selalu menemani ke mana saja beliau pergi. Mereka selalu berdua, seperti dalam perjalanan hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad saw. pergi bersama Abu Bakar. Untuk menghindar dari kejaran orang-orang kafir, mereka bersembunyi di Gua Sur selama tiga hari. Kedekatan Nabi Muhammad saw. dengan Abu Bakar juga terlihat dengan adanya hubungan pernikahan Nabi Muhammad saw. dengan anak perempuan Abu Bakar yang bernama Aisyah.
Abu Bakar adalah khalifah pertama (pemimpin umat Islam setelah Nabi Muhammad saw. wafat). Ketika Rasulullah sedang sakit keras dan tidak bisa memimpin salat, Nabi Muhammad saw. meminta Abu Bakar untuk menggantikan Nabi Muhammad saw. menjadi imam salat di masjid.
Abu Bakar As Sidiq menjadi khalifah selama dua tahun, yaitu mulai tahun 632 634 M. Dalam kepemimpinan beliau yang hanya dua tahun, beliau banyak menyumbangkan tenaga untuk perkembangan islam, di antaranya sebagai berikut.
1. Menumpas golongan riddah (orang-orang yang murtad). 2. Menumpas golongan yang mengaku dirinya menjadi nabi (nabi palsu).seperti Musailamah Al Kazzab dan istrinya.
3. Memberi peringatan kepada mereka yang mengaku tetap Islam, tetapi tidak mau membayar zakat.
Abu Bakar juga seorang sahabat Nabi saw. yang terkenal setia, jujur, sangat dipercaya, pemberani, adil, amanah, pemurah, tawaduk, pengasih, sopan, dan suka meminta maaf.
Abu Bakar adalah saudagar yang sangat kaya. Dengan kekayaannya pula, beliau membela lslam. Abu Bakar membeli dan memerdekakan budak-budak yang telah memeluk lslam yang dianiaya oleh tuan mereka. Salah seorang di antaranya adalah Bilal bin Rabbah yang kemudian menjadi sahabat Nabi dan muazin yang terkenal. Abu Bakar wafat di Madinah pada tahun 634 M dan dimakamkan bersebelahan dengan makam Nabi Muhammad saw. di Masjid Nabawi Madinah. Keutamaan Abu Bakar antara lain:
1 Dijamin masuk surga dan memasuki semua pintu yang ada di sana padahal saat itu beliau masih menjejakkan kaki di muka bumi.
2. Abu Bakar adalah laki-laki yang paling dicintai oleh Rasulullah saw
3. Allah mempersakslkan bahwa Abu Bakar adalah orang yang ikhlas dalam mengamalkan ajaran islam
4. Orang-orang musyrik menyifati Abu Bakar sebagaimana Khadijah mensifati Rosulullah saw Abu Bakar adalah salah seorang sahabat yang diperintahkan Rasulullah untuk berhijrah ke negeri Habsyah. Meskipun Abu Bakar lebih senang berada di sisi  Rasulullah, namun Rasulullah mengkhawatirkan keselamatan Abu Bakar karena kabilahnya termasuk kabilah yang lemah, tidak mampu melindunginya dari ancaman orang-orang kafir Quraisy  
Umar bin Khattab adalah seorang khalifah
yang sangat terkenal, perjalanan hidupnya adalah teladan yang diikuti. dan kepemimpinannya adalah  sesuatu yang diimpikan. Banyak orang saat ini memimpikan, kiranya Umar hidup di zaman ini dan memimpin umat yang tengah kehilangan jati diri.
Umar bin Khattab lahir di Mekah. Ayahnya bernama Khattab bin Mufaid. Beliau berasal mengetahui tentang agama Islam dan dari suku 'Adi, salah satu suku yang terkenal dari golongan suku Quraisy dan beliau seorang  Selain saudagar dan bangsawan Quraisy yang sering diutus sebagai penghubung antarsuku atau ke luar ' negeri.
Umar bin Khattab mempunyai postur tubuh yang tegap, kuat, dan terkenal sangat pemberani, tidak pernah merasa takut dan gentar, sangat tegas pendiriannya, keras kemauannya, berpikir jernih, jujur, dan disiplin tinggi. Selain itu, Umar juga sering menjadi juara gulat di kalangan masyarakat Quraisy sehingga jarang ada orang yang berani menentangnya. Umar bln Khattab sebelum masuk islam merupakan tokoh yang sangat menentang islam. tetapi setelah beliau menyatakan diri masuk Islam dan pengakuannya terhadap Nabi Muhammad saw. sebagai Rasulullah saw. serta siap menerima ajarannya, kedudukan Islam semakin kuat. Mukjizat AlQur'an telah melunakkan hatinya yang keras menjadi lemah lembut.

Penyebaran agama islam sebelum Umar bin Khattab masuk islam, dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena selalu dihalang-halangi kaum kafir Quraisy. Akan tetapi, setelah Umar bin Khattab masuk islam, penyiaran agama islam dilakukan secara terbuka dan leluasa karena merasa punya pelindung dari gangguan kafir Quraisy. Beliau dikenal dengan sebutan singa padang pasir.
Umar bin Khattab menjadi khalifah yang kedua menggantikan Abu Bakar yang wafat. Sewaktu pemerintahan Abu Bakar, beliau menjadi penasihatnya. Dalam pemerintahan Umar bin Khattab. yaitu tahun 634 M -644 M islam mengalami perkembangan yang sangat pesat, antara lam tahun 637 M berhasil menaklukkan Baitul Maqdis di Jerussalem dari tangan pemerintahan Romawi Timur. Umar bin Khattab menjadi khalifah kurang lebih selama 10 tahun.
Pemerintahan islam waktu itu meliputi wilayah Mesir, Palestina, Syiria, Afrika Utara, Armenia. dan Asia kecil. Beliau menetapkan tahun Hijriah sebagai awal perhitungan islam, yaitu: dimulai dari hijrahnya Nabi Muhammad saw. dari Mekah ke Madinah. Walaupun Umar bin Khattab berhasil dalam pemerintahannya, namun gaya hidupnya sangat sederhana. Nabi Muhammad saw. memberi gelar kepada beliau Al-Faruq, artinya yang membedakan antara yang hak dan batil

Umar bin Khattab wafat pada tanggal 1 Muharram 23 H pada tahun 644 M karena dibunuh oleh seorang hamba Parsi yang bernama Abu Lu'luah. Dia menikam Umar bin Khattab … enam kali sewaktu Umar bin Khattab menjadi imam dalam salat subuh di Masjid Nabawi Madinah  Umar bin Khattab dimakamkan di sebelah makam Abu Bakar As Sidiq
Keutamaan Umar bin Khattab antara lain:
1. Umar adalah penduduk surga yang berjalan di muka bumi. Ketika Umar bm Khattab masih hidup di dunia bersama Rasulullah saw. dan para sahabatnya, istana untuknya talah disiapkan di tanah surga.
2. Mulianya Islam dengan perantara Umar bm Khattab.
3. Umar adatah seorang yang mendapat ilham.
4, Wibawa Umar membuat~§etan ketakutan Dari aisyah Rasullullah bersabda

"Sesungguhnya syetan lari ketakutan ketika bertrmu umar"

Belum ada Komentar untuk "MATERI PELAJARAN PAI SD/MI BAB 8 KELAS 5 SEMESTER 2 - KISAH KHALIFAH ABU BAKAR R.A"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel