Soal Pre Test dan Post test BIMTEK Kurikulum 2013 Diklat terbaru 2018/2019 + KUNCI JAWABAN

sekolahdasarislam.web.id - selamat siang bapak/ibu guru semuanya kali ini kami akan membagikan kepada anda semuanya tentang Soal Pre test Bimtek kurikulum 2013 tahun ajaran 2018/2019 dan juga Soal Post Test Bimtek Kurikulum 2013 tahun 2018/2019. selama seminggu kami megikuti Diklat Di SDN 3 Sambiroto Guna Mengikuti Diklat Peningkatan Kompetensi, Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan melalui Pelatihan Kurikulum 2013. 


saat awal masuk kami disuguhi Soal Pre test BIMTEK 2013 dan kami pun mengerjakannya dengan sangat payah karena belom tau apapun mengenai Kurikulum 2013. dan setelah kami selesai mengikuti Diklat ini, barulah kami bisa mengerjakan soal Post test yang telah diberikan dan ternyata sama saja soalnya dengan Pre Test. 

bagi Bapak/ ibu guru dimanapun anda berada kami akan membagikannya beserta Kunci Jawabannya.

simak soalnya dibawah ini.


SOAL PRE-TEST



A.   Pilihan Ganda

Petunjuk Pengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini  dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

1.    Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1)  Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,

(2)  Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,

(3)  Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,

(4)  Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atas merupakan penjabaran dari filosofi di bawah ini.

a.    olah rasa dan karsa, olah raga olah piker, dan olah hati

b.    olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, dan olah raga

c.    olah hati, olah raga, olah pikir, olah rasa dan karsa

d.    olah pikir, olah rasa dan karsa, olah hati, dan olah raga

Jawaban : D

2.    Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a.    melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran

b.    menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

c.    mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejulah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu

d.    melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.

 Jawaban : 

3.    Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …

a.    Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial

b.    Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir

c.    Pemberian ruang kreatif kepada guru

d.    Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran



4.    Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :

(1)  Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

(2)  Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan

(3)  Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar

(4)  Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.



Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a.    (1), (2),dan (3)

b.    (1), (2), dan (4)

c.    (1), (3), dan (4)

a.    (2), (3),dan (4)



5.    Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

a.    Standar Kompetensi Lulusan

b.    Standard Kompetensi

c.    Kompetensi Inti

d.    Kompetensi dasar



6.    Kegiatan pembelajaran yang dimu;ai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menuimpulkan dikenal sebagai model ….

a.    Discovery based learning

b.    Problem based learning

c.    Inquiry based learning

d.    Project based learning



7.    Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan:

1.    Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta

2.    Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

3.    Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorik  seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4.    Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….

a.    (1), (2) dan (3)

b.    (1), (2) dan (4)

c.    (1), (3) dan (4)

d.    (2), (3) dan (4)



8.    Perhatikan komponen-komponen berikut!

1.    Identitas sekolah

2.    KI-KD-IPK

3.    Materi pelajaran

4.    Pendekatan pembelajaran

5.    Kegiatan pembelaaran

6.    Media, alat dan bahan, dan sumberbelajar

7.    Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a.    (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)

b.    (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

c.    (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)

d.    (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)



9.    Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi

b.    Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan

c.    pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan

d.    Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar

10.  Pada kegiatan pembelajaran, pesera didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …

a.    Menanya

b.    Mengasosiasi

c.    Mengumpulkan informasi

d.    Mengkomunikasikan



11.  Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Metode yang kurang sesuai denga pendekatan saintifik adalah …

a.    Seimulasi

b.    ceramah

c.    Diskusi

d.    Eksperimen



12.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran

(2)  Memandu dan memberi penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentuka langkah selanjutnya

(3)  Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar dan kompetensi

(4)  Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi

(5)  Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya

(6)  Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning  ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a.    (1) dan (4)

b.    (2) dan (5)

c.    (3) dan (6)

d.    (4) dan (5)



13.  “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a.    Keeping-track

b.    Finding-out

c.    Checking-up

d.    Summing-up



14.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Menentikan strategi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar

(2)  Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi

(3)  Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD

(4)  Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam …

a.    Membuat tes terstandar

b.    Merancang pembelajaran konseptual

c.    Melakukan penilaian kelas

d.    Menyusun silabus

15.  Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide daripada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indikator pencapaian tujuan ini?

a.    Membandingkan, menguraikan, dan mengkritik

b.    Mengidentifikasi, menentukan, dan mendaftar

c.    Menyusun, mencocokkan, dan memilih

d.    Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali



16.  Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relatif sama. Konsep ini disebut …

a.    Reliabilitas

b.    Validitas

c.    Daya pembeda

d.    Tingkat kesulitan



17.  Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah …

a.    Penilaian tertulis

b.    Penilaian produk

c.    Penilaian praktik

d.    Penilaian projek



18.  Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah …

a.    Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomrasi penunjang

b.    Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi

c.    Catatan hal-hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan  perilaku negatif digunakan untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap perserta didik selama satu semester

d.    Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain : pertama, mengamati perilaku peserta didik; kedua, mendokumentasi perilaku pesera didik; dan ketiga; menindaklanjuti hasil pengamatan.



19.  Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a.    Tes lisan

b.    Penilaian praktik

c.    Penilaian produk

d.    Portofolio


20.  Perhatikan tabel di bawah ini!
KD
Praktik
Produk
Proyek
Portofolio
Nilai akhir (Pembulatan
4.1
87







P
4.2
66
75






Q
4.3




92



R
4.4


75

82



S

Nilai P, Q, R dan S secara berturut-turut adalah …
a.      87; 70; 92; 79;
b.      87; 75; 92; 79;
c.      87; 75; 92; 82;
d.      87; 66; 92; 75;




B.   URAIAN



21.  Pak Firman adalah guru SD kelas 4 akan menerapkan program penguatan pendidikan karakater (PPK) melalui pembelajaran di kelas yang terintegrasi dengan kurikulum?Apa yang seharusnya dilakukan?

22.  Bagaimana upaya guru melaksanakan literasi dalam pembelajaran di sekolah?

23.  Seorang guru kelas 1SD akan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru tersebut membuat perancangan pembelajaran tematik terpadu? Bagaimana cara perancangannya?

24.  Kepala Sekolah ingin meningkatkan kompetensi baik guru maupun  peserta didiknya untuk mencapai kecakapan abad 21 (kompetensi berpikir tingkat tinggi /HOTS). Sebutkan kompetensi abad 21 tersebut!

25.  Hasil musyawarah SD Sukamaju telah menentukan nilai KKM untuk satuan pendidikan 75 dengan anjang interval untuk setiap predikat adalah 8,3.

Tentukan rentang predikat SD Sukamaju tersebut dari predikat terendah sampai dengan terendah!




 Soal POST TEST

SOAL POS-TEST




A. PilihanGanda



PetunjukPengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !



1. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :

(1) Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta.

(2) Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan

(3) Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar

(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a. (1), (2), dan (3) 

b. (1), (2), dan (4) 

c. (1), (3), dan (4)

a. (2), (3), dan (4)



2. Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1) Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,

(2) Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,

(3) Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,

(4) Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atasmerupakanpenjabarandarifilosofi di bawahini.

a. olah rasa dankarsa, olah raga olah piker, danolahhati

b. olahpikir, olahhati, olah rasa dankarsa, danolah raga

c. olahhati, olah raga, olahpikir, olah rasa dankarsa

d. olahpikir, olah rasa dankarsa, olahhati, danolah raga



3. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

a. Standar Kompetensi Lulusan

b. Standard Kompetensi

c. Kompetensi Inti

d. Kompetensi dasar



4. Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menyimpulkan dikenal sebagai model …

a. Discovery based learning

b. Problem based learning

c. Inquiry based learning

d. Project based learning 

5. Peransatuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran

b. Menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

c. Mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu

d. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.



6. Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi

b. Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan

c. Pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan

d. Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar



7. Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …

a. Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial

b. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir

c. Pemberian ruang kreatif kepada guru

d. Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran



8. Pada kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …

a. Menanya

b. Mengasosiasi

c. Mengumpulkan informasi

d. Mengkomunikasikan



9. Perhatikan komponen-komponen berikut!

1. Identitas sekolah

2. KI-KD-IPK

3. Materi pelajaran

4. Pendekatan pembelajaran

5. Kegiatan pembelaaran

6. Media, alat dan bahan, dan sumber belajar

7. Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a. (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)

b. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

c. (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)

d. (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)



10. “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a. Keeping-track

b. Finding-out



c. Checking-up

d. Summing-up



11. Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide dari pada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indicator pencapaian tujuan ini?

a. Membandingkan, menguraikan, danmengkritik

b. Mengidentifikasi, menentukan, danmendaftar

c. Menyusun, mencocokkan, danmemilih

d. Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali



12. Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relative sama. Konsep ini disebut …

a. Reliabilitas

b. Validitas

c. Dayapembeda

d. Tingkat kesulitan



13. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran

(2) Memandu dan member penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentukan langkah selanjutnya

(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standard dan kompetensi

(4) Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi

(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya

(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a. (1) dan (4)

b. (2) dan (5) 

c. (3) dan (6)

d. (4) dan (5)

14. Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan

1. Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta

2. Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/ mengasosiasi, danmengkomunikasikan

3. Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorikseperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4. Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, danmenafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a. (1), (2) dan (3)

b. (1), (2) dan (4)

c. (1), (3) dan (4)

d. (2), (3) dan (4)



15. Perhatikantabel di bawahini!

KD Praktik Produk Proyek Portofolio Nilaiakhir (Pembulatan

4.1 87 P

4.2 66 75 Q

4.3 92 R

4.4 75 82 S

Nilai P, Q, R dan S secaraberturut-turutadalah …

a. 87; 70; 92; 79; 

b. 87; 75; 92; 79;

c. 87; 75; 92; 82;

d. 87; 66; 92; 75;

16. Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Metode yang kurangsesuai dengan pendekatan saintifik adalah …

a. Simulasi

b. ceramah

c. Diskusi

d. Eksperimen

17. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menentikan strategi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar

(2) Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi

(3) Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD

(4) Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam …

a. Membuat tes terstandar

b. Merancang pembelajaran konseptual

c. Melakukan penilaian kelas

d. Menyusun silabus



18. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a. Teslisan

b. Penilaianpraktik

c. Penilaianproduk

d. Portofolio

19. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah …

a. Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomrasi penunjang

b. Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/ atau deskripsi

c. Catatan hal hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan perilaku negatif digunakan untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap perserta didik selama satu semester

d. Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain : pertama, mengamati perilaku peserta didik ; kedua, mendokumentasi perilaku peserta didik ; dan ketiga; menindaklanjuti hasil pengamatan.



20. Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah …

a. Penilaian tertulis

b. Penilaian produk

c. Penilaian praktik

d. Penilaian projek

B. URAIAN  

21.  Pak Firman adalah guru SD kelas 4 akan menerapkan program penguatan pendidikan karakater (PPK) melalui pembelajaran di kelas yang terintegrasi dengan kurikulum?Apa yang seharusnya dilakukan?

22.  Bagaimana upaya guru melaksanakan literasi dalam pembelajaran di sekolah?

23.  Seorang guru kelas 1SD akan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru tersebut membuat perancangan pembelajaran tematik terpadu? Bagaimana cara perancangannya?

24.  Kepala Sekolah ingin meningkatkan kompetensi baik guru maupun  peserta didiknya untuk mencapai kecakapan abad 21 (kompetensi berpikir tingkat tinggi /HOTS). Sebutkan kompetensi abad 21 tersebut!

25.  Hasil musyawarah SD Sukamaju telah menentukan nilai KKM untuk satuan pendidikan 75 dengan anjang interval untuk setiap predikat adalah 8,3.

Tentukan rentang predikat SD Sukamaju tersebut dari predikat terendah sampai dengan terendah!

LEMBAR JAWABAN PRE TEST
NAMA             :.......................................................
KELAS           :.......................................................
UNIT KERJA :.......................................................
A.     PILIHAN GANDA
NO.
PILIHAN JAWABAN

NO.
PILIHAN JAWABAN
1.
A
B
C
D

11.
A
B
C
D
2.
A
B
C
D

12.
A
B
C
D
3.
A
B
C
D

13.
A
B
C
D
4.
A
B
C
D

14.
A
B
C
D
5.
A
B
C
D

15.
A
B
C
D
6.
A
B
C
D

16.
A
B
C
D
7.
A
B
C
D

17.
A
B
C
D
8.
A
B
C
D

18.
A
B
C
D
9.
A
B
C
D

19.
A
B
C
D
10.
A
B
C
D

20
A
B
C
D

B.     URAIAN
21.   ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
22.   ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
23.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
24.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
25.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................

 Download Soalnya Beserta KUNCI JAWABANNYA  Berbentuk PDF  : DISINI Terimakasih sudah Membaca Artikel Kami Mengenai Soal Pre Test dan Post test BIMTEK Kurikulum 2013 Diklat terbaru 2018/2019 + KUNCI JAWABAN. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya. 



sekolahdasarislam.web.id - selamat siang bapak/ibu guru semuanya kali ini kami akan membagikan kepada anda semuanya tentang Soal Pre test Bimtek kurikulum 2013 tahun ajaran 2018/2019 dan juga Soal Post Test Bimtek Kurikulum 2013 tahun 2018/2019. selama seminggu kami megikuti Diklat Di SDN 3 Sambiroto Guna Mengikuti Diklat Peningkatan Kompetensi, Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan melalui Pelatihan Kurikulum 2013. 


saat awal masuk kami disuguhi Soal Pre test BIMTEK 2013 dan kami pun mengerjakannya dengan sangat payah karena belom tau apapun mengenai Kurikulum 2013. dan setelah kami selesai mengikuti Diklat ini, barulah kami bisa mengerjakan soal Post test yang telah diberikan dan ternyata sama saja soalnya dengan Pre Test. 

bagi Bapak/ ibu guru dimanapun anda berada kami akan membagikannya beserta Kunci Jawabannya.

simak soalnya dibawah ini.


SOAL PRE-TEST



A.   Pilihan Ganda

Petunjuk Pengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini  dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

1.    Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1)  Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,

(2)  Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,

(3)  Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,

(4)  Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atas merupakan penjabaran dari filosofi di bawah ini.

a.    olah rasa dan karsa, olah raga olah piker, dan olah hati

b.    olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, dan olah raga

c.    olah hati, olah raga, olah pikir, olah rasa dan karsa

d.    olah pikir, olah rasa dan karsa, olah hati, dan olah raga

Jawaban : D

2.    Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a.    melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran

b.    menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

c.    mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejulah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu

d.    melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.

 Jawaban : 

3.    Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …

a.    Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial

b.    Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir

c.    Pemberian ruang kreatif kepada guru

d.    Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran



4.    Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :

(1)  Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

(2)  Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan

(3)  Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar

(4)  Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.



Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a.    (1), (2),dan (3)

b.    (1), (2), dan (4)

c.    (1), (3), dan (4)

a.    (2), (3),dan (4)



5.    Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

a.    Standar Kompetensi Lulusan

b.    Standard Kompetensi

c.    Kompetensi Inti

d.    Kompetensi dasar



6.    Kegiatan pembelajaran yang dimu;ai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menuimpulkan dikenal sebagai model ….

a.    Discovery based learning

b.    Problem based learning

c.    Inquiry based learning

d.    Project based learning



7.    Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan:

1.    Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta

2.    Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

3.    Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorik  seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4.    Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….

a.    (1), (2) dan (3)

b.    (1), (2) dan (4)

c.    (1), (3) dan (4)

d.    (2), (3) dan (4)



8.    Perhatikan komponen-komponen berikut!

1.    Identitas sekolah

2.    KI-KD-IPK

3.    Materi pelajaran

4.    Pendekatan pembelajaran

5.    Kegiatan pembelaaran

6.    Media, alat dan bahan, dan sumberbelajar

7.    Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a.    (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)

b.    (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

c.    (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)

d.    (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)



9.    Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi

b.    Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan

c.    pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan

d.    Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar

10.  Pada kegiatan pembelajaran, pesera didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …

a.    Menanya

b.    Mengasosiasi

c.    Mengumpulkan informasi

d.    Mengkomunikasikan



11.  Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Metode yang kurang sesuai denga pendekatan saintifik adalah …

a.    Seimulasi

b.    ceramah

c.    Diskusi

d.    Eksperimen



12.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran

(2)  Memandu dan memberi penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentuka langkah selanjutnya

(3)  Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar dan kompetensi

(4)  Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi

(5)  Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya

(6)  Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning  ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a.    (1) dan (4)

b.    (2) dan (5)

c.    (3) dan (6)

d.    (4) dan (5)



13.  “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a.    Keeping-track

b.    Finding-out

c.    Checking-up

d.    Summing-up



14.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Menentikan strategi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar

(2)  Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi

(3)  Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD

(4)  Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam …

a.    Membuat tes terstandar

b.    Merancang pembelajaran konseptual

c.    Melakukan penilaian kelas

d.    Menyusun silabus

15.  Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide daripada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indikator pencapaian tujuan ini?

a.    Membandingkan, menguraikan, dan mengkritik

b.    Mengidentifikasi, menentukan, dan mendaftar

c.    Menyusun, mencocokkan, dan memilih

d.    Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali



16.  Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relatif sama. Konsep ini disebut …

a.    Reliabilitas

b.    Validitas

c.    Daya pembeda

d.    Tingkat kesulitan



17.  Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah …

a.    Penilaian tertulis

b.    Penilaian produk

c.    Penilaian praktik

d.    Penilaian projek



18.  Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah …

a.    Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomrasi penunjang

b.    Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi

c.    Catatan hal-hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan  perilaku negatif digunakan untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap perserta didik selama satu semester

d.    Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain : pertama, mengamati perilaku peserta didik; kedua, mendokumentasi perilaku pesera didik; dan ketiga; menindaklanjuti hasil pengamatan.



19.  Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a.    Tes lisan

b.    Penilaian praktik

c.    Penilaian produk

d.    Portofolio


20.  Perhatikan tabel di bawah ini!
KD
Praktik
Produk
Proyek
Portofolio
Nilai akhir (Pembulatan
4.1
87







P
4.2
66
75






Q
4.3




92



R
4.4


75

82



S

Nilai P, Q, R dan S secara berturut-turut adalah …
a.      87; 70; 92; 79;
b.      87; 75; 92; 79;
c.      87; 75; 92; 82;
d.      87; 66; 92; 75;




B.   URAIAN



21.  Pak Firman adalah guru SD kelas 4 akan menerapkan program penguatan pendidikan karakater (PPK) melalui pembelajaran di kelas yang terintegrasi dengan kurikulum?Apa yang seharusnya dilakukan?

22.  Bagaimana upaya guru melaksanakan literasi dalam pembelajaran di sekolah?

23.  Seorang guru kelas 1SD akan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru tersebut membuat perancangan pembelajaran tematik terpadu? Bagaimana cara perancangannya?

24.  Kepala Sekolah ingin meningkatkan kompetensi baik guru maupun  peserta didiknya untuk mencapai kecakapan abad 21 (kompetensi berpikir tingkat tinggi /HOTS). Sebutkan kompetensi abad 21 tersebut!

25.  Hasil musyawarah SD Sukamaju telah menentukan nilai KKM untuk satuan pendidikan 75 dengan anjang interval untuk setiap predikat adalah 8,3.

Tentukan rentang predikat SD Sukamaju tersebut dari predikat terendah sampai dengan terendah!




 Soal POST TEST

SOAL POS-TEST




A. PilihanGanda



PetunjukPengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !



1. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :

(1) Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta.

(2) Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan

(3) Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar

(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a. (1), (2), dan (3) 

b. (1), (2), dan (4) 

c. (1), (3), dan (4)

a. (2), (3), dan (4)



2. Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1) Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,

(2) Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,

(3) Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,

(4) Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atasmerupakanpenjabarandarifilosofi di bawahini.

a. olah rasa dankarsa, olah raga olah piker, danolahhati

b. olahpikir, olahhati, olah rasa dankarsa, danolah raga

c. olahhati, olah raga, olahpikir, olah rasa dankarsa

d. olahpikir, olah rasa dankarsa, olahhati, danolah raga



3. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

a. Standar Kompetensi Lulusan

b. Standard Kompetensi

c. Kompetensi Inti

d. Kompetensi dasar



4. Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menyimpulkan dikenal sebagai model …

a. Discovery based learning

b. Problem based learning

c. Inquiry based learning

d. Project based learning 

5. Peransatuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran

b. Menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

c. Mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu

d. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.



6. Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi

b. Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan

c. Pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan

d. Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar



7. Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …

a. Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial

b. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir

c. Pemberian ruang kreatif kepada guru

d. Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran



8. Pada kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …

a. Menanya

b. Mengasosiasi

c. Mengumpulkan informasi

d. Mengkomunikasikan



9. Perhatikan komponen-komponen berikut!

1. Identitas sekolah

2. KI-KD-IPK

3. Materi pelajaran

4. Pendekatan pembelajaran

5. Kegiatan pembelaaran

6. Media, alat dan bahan, dan sumber belajar

7. Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a. (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)

b. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

c. (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)

d. (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)



10. “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a. Keeping-track

b. Finding-out



c. Checking-up

d. Summing-up



11. Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide dari pada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indicator pencapaian tujuan ini?

a. Membandingkan, menguraikan, danmengkritik

b. Mengidentifikasi, menentukan, danmendaftar

c. Menyusun, mencocokkan, danmemilih

d. Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali



12. Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relative sama. Konsep ini disebut …

a. Reliabilitas

b. Validitas

c. Dayapembeda

d. Tingkat kesulitan



13. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran

(2) Memandu dan member penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentukan langkah selanjutnya

(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standard dan kompetensi

(4) Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi

(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya

(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a. (1) dan (4)

b. (2) dan (5) 

c. (3) dan (6)

d. (4) dan (5)

14. Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan

1. Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta

2. Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/ mengasosiasi, danmengkomunikasikan

3. Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorikseperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4. Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, danmenafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a. (1), (2) dan (3)

b. (1), (2) dan (4)

c. (1), (3) dan (4)

d. (2), (3) dan (4)



15. Perhatikantabel di bawahini!

KD Praktik Produk Proyek Portofolio Nilaiakhir (Pembulatan

4.1 87 P

4.2 66 75 Q

4.3 92 R

4.4 75 82 S

Nilai P, Q, R dan S secaraberturut-turutadalah …

a. 87; 70; 92; 79; 

b. 87; 75; 92; 79;

c. 87; 75; 92; 82;

d. 87; 66; 92; 75;

16. Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Metode yang kurangsesuai dengan pendekatan saintifik adalah …

a. Simulasi

b. ceramah

c. Diskusi

d. Eksperimen

17. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menentikan strategi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar

(2) Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi

(3) Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD

(4) Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam …

a. Membuat tes terstandar

b. Merancang pembelajaran konseptual

c. Melakukan penilaian kelas

d. Menyusun silabus



18. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a. Teslisan

b. Penilaianpraktik

c. Penilaianproduk

d. Portofolio

19. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah …

a. Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomrasi penunjang

b. Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/ atau deskripsi

c. Catatan hal hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan perilaku negatif digunakan untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap perserta didik selama satu semester

d. Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain : pertama, mengamati perilaku peserta didik ; kedua, mendokumentasi perilaku peserta didik ; dan ketiga; menindaklanjuti hasil pengamatan.



20. Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah …

a. Penilaian tertulis

b. Penilaian produk

c. Penilaian praktik

d. Penilaian projek

B. URAIAN  

21.  Pak Firman adalah guru SD kelas 4 akan menerapkan program penguatan pendidikan karakater (PPK) melalui pembelajaran di kelas yang terintegrasi dengan kurikulum?Apa yang seharusnya dilakukan?

22.  Bagaimana upaya guru melaksanakan literasi dalam pembelajaran di sekolah?

23.  Seorang guru kelas 1SD akan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru tersebut membuat perancangan pembelajaran tematik terpadu? Bagaimana cara perancangannya?

24.  Kepala Sekolah ingin meningkatkan kompetensi baik guru maupun  peserta didiknya untuk mencapai kecakapan abad 21 (kompetensi berpikir tingkat tinggi /HOTS). Sebutkan kompetensi abad 21 tersebut!

25.  Hasil musyawarah SD Sukamaju telah menentukan nilai KKM untuk satuan pendidikan 75 dengan anjang interval untuk setiap predikat adalah 8,3.

Tentukan rentang predikat SD Sukamaju tersebut dari predikat terendah sampai dengan terendah!

LEMBAR JAWABAN PRE TEST
NAMA             :.......................................................
KELAS           :.......................................................
UNIT KERJA :.......................................................
A.     PILIHAN GANDA
NO.
PILIHAN JAWABAN

NO.
PILIHAN JAWABAN
1.
A
B
C
D

11.
A
B
C
D
2.
A
B
C
D

12.
A
B
C
D
3.
A
B
C
D

13.
A
B
C
D
4.
A
B
C
D

14.
A
B
C
D
5.
A
B
C
D

15.
A
B
C
D
6.
A
B
C
D

16.
A
B
C
D
7.
A
B
C
D

17.
A
B
C
D
8.
A
B
C
D

18.
A
B
C
D
9.
A
B
C
D

19.
A
B
C
D
10.
A
B
C
D

20
A
B
C
D

B.     URAIAN
21.   ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
22.   ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
23.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
24.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
25.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................

 Download Soalnya Beserta KUNCI JAWABANNYA  Berbentuk PDF  : DISINI Terimakasih sudah Membaca Artikel Kami Mengenai Soal Pre Test dan Post test BIMTEK Kurikulum 2013 Diklat terbaru 2018/2019 + KUNCI JAWABAN. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya. 



sekolahdasarislam.web.id - selamat siang bapak/ibu guru semuanya kali ini kami akan membagikan kepada anda semuanya tentang Soal Pre test Bimtek kurikulum 2013 tahun ajaran 2018/2019 dan juga Soal Post Test Bimtek Kurikulum 2013 tahun 2018/2019. selama seminggu kami megikuti Diklat Di SDN 3 Sambiroto Guna Mengikuti Diklat Peningkatan Kompetensi, Dalam Rangka Pengembangan Karier Bagi Guru Pendidikan melalui Pelatihan Kurikulum 2013. 


saat awal masuk kami disuguhi Soal Pre test BIMTEK 2013 dan kami pun mengerjakannya dengan sangat payah karena belom tau apapun mengenai Kurikulum 2013. dan setelah kami selesai mengikuti Diklat ini, barulah kami bisa mengerjakan soal Post test yang telah diberikan dan ternyata sama saja soalnya dengan Pre Test. 

bagi Bapak/ ibu guru dimanapun anda berada kami akan membagikannya beserta Kunci Jawabannya.

simak soalnya dibawah ini.


SOAL PRE-TEST



A.   Pilihan Ganda

Petunjuk Pengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini  dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !

1.    Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1)  Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,

(2)  Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,

(3)  Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,

(4)  Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atas merupakan penjabaran dari filosofi di bawah ini.

a.    olah rasa dan karsa, olah raga olah piker, dan olah hati

b.    olah pikir, olah hati, olah rasa dan karsa, dan olah raga

c.    olah hati, olah raga, olah pikir, olah rasa dan karsa

d.    olah pikir, olah rasa dan karsa, olah hati, dan olah raga

Jawaban : D

2.    Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a.    melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran

b.    menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

c.    mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejulah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu

d.    melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.

 Jawaban : 

3.    Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …

a.    Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial

b.    Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir

c.    Pemberian ruang kreatif kepada guru

d.    Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran



4.    Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :

(1)  Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.

(2)  Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan

(3)  Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar

(4)  Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.



Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a.    (1), (2),dan (3)

b.    (1), (2), dan (4)

c.    (1), (3), dan (4)

a.    (2), (3),dan (4)



5.    Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

a.    Standar Kompetensi Lulusan

b.    Standard Kompetensi

c.    Kompetensi Inti

d.    Kompetensi dasar



6.    Kegiatan pembelajaran yang dimu;ai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menuimpulkan dikenal sebagai model ….

a.    Discovery based learning

b.    Problem based learning

c.    Inquiry based learning

d.    Project based learning



7.    Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan:

1.    Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta

2.    Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan

3.    Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorik  seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4.    Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka ….

a.    (1), (2) dan (3)

b.    (1), (2) dan (4)

c.    (1), (3) dan (4)

d.    (2), (3) dan (4)



8.    Perhatikan komponen-komponen berikut!

1.    Identitas sekolah

2.    KI-KD-IPK

3.    Materi pelajaran

4.    Pendekatan pembelajaran

5.    Kegiatan pembelaaran

6.    Media, alat dan bahan, dan sumberbelajar

7.    Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a.    (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)

b.    (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

c.    (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)

d.    (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)



9.    Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi

b.    Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan

c.    pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan

d.    Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar

10.  Pada kegiatan pembelajaran, pesera didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …

a.    Menanya

b.    Mengasosiasi

c.    Mengumpulkan informasi

d.    Mengkomunikasikan



11.  Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Metode yang kurang sesuai denga pendekatan saintifik adalah …

a.    Seimulasi

b.    ceramah

c.    Diskusi

d.    Eksperimen



12.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran

(2)  Memandu dan memberi penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentuka langkah selanjutnya

(3)  Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standar dan kompetensi

(4)  Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi

(5)  Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya

(6)  Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning  ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a.    (1) dan (4)

b.    (2) dan (5)

c.    (3) dan (6)

d.    (4) dan (5)



13.  “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a.    Keeping-track

b.    Finding-out

c.    Checking-up

d.    Summing-up



14.  Perhatikan pernyataan berikut!

(1)  Menentikan strategi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar

(2)  Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi

(3)  Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD

(4)  Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam …

a.    Membuat tes terstandar

b.    Merancang pembelajaran konseptual

c.    Melakukan penilaian kelas

d.    Menyusun silabus

15.  Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide daripada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indikator pencapaian tujuan ini?

a.    Membandingkan, menguraikan, dan mengkritik

b.    Mengidentifikasi, menentukan, dan mendaftar

c.    Menyusun, mencocokkan, dan memilih

d.    Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali



16.  Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relatif sama. Konsep ini disebut …

a.    Reliabilitas

b.    Validitas

c.    Daya pembeda

d.    Tingkat kesulitan



17.  Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah …

a.    Penilaian tertulis

b.    Penilaian produk

c.    Penilaian praktik

d.    Penilaian projek



18.  Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah …

a.    Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomrasi penunjang

b.    Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/atau deskripsi

c.    Catatan hal-hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan  perilaku negatif digunakan untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap perserta didik selama satu semester

d.    Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain : pertama, mengamati perilaku peserta didik; kedua, mendokumentasi perilaku pesera didik; dan ketiga; menindaklanjuti hasil pengamatan.



19.  Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a.    Tes lisan

b.    Penilaian praktik

c.    Penilaian produk

d.    Portofolio


20.  Perhatikan tabel di bawah ini!
KD
Praktik
Produk
Proyek
Portofolio
Nilai akhir (Pembulatan
4.1
87







P
4.2
66
75






Q
4.3




92



R
4.4


75

82



S

Nilai P, Q, R dan S secara berturut-turut adalah …
a.      87; 70; 92; 79;
b.      87; 75; 92; 79;
c.      87; 75; 92; 82;
d.      87; 66; 92; 75;




B.   URAIAN



21.  Pak Firman adalah guru SD kelas 4 akan menerapkan program penguatan pendidikan karakater (PPK) melalui pembelajaran di kelas yang terintegrasi dengan kurikulum?Apa yang seharusnya dilakukan?

22.  Bagaimana upaya guru melaksanakan literasi dalam pembelajaran di sekolah?

23.  Seorang guru kelas 1SD akan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru tersebut membuat perancangan pembelajaran tematik terpadu? Bagaimana cara perancangannya?

24.  Kepala Sekolah ingin meningkatkan kompetensi baik guru maupun  peserta didiknya untuk mencapai kecakapan abad 21 (kompetensi berpikir tingkat tinggi /HOTS). Sebutkan kompetensi abad 21 tersebut!

25.  Hasil musyawarah SD Sukamaju telah menentukan nilai KKM untuk satuan pendidikan 75 dengan anjang interval untuk setiap predikat adalah 8,3.

Tentukan rentang predikat SD Sukamaju tersebut dari predikat terendah sampai dengan terendah!




 Soal POST TEST

SOAL POS-TEST




A. PilihanGanda



PetunjukPengisian:

Jawablah pertanyaan / pernyataan berikut ini dengan memberikan tanda silang  (X) pada jawaban yang Saudara anggap benar !



1. Berikut ini pernyataan tentang kompetensi keterampilan :

(1) Kemampuan berfikir mencakup : mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta.

(2) Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan

(3) Kemampuan piker dan tindak mental non motorik seperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar

(4) Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur, membuat grafik, dan menafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a. (1), (2), dan (3) 

b. (1), (2), dan (4) 

c. (1), (3), dan (4)

a. (2), (3), dan (4)



2. Filosofi pendidikan karakter menurut Ki Hadjar Dewantara dapat dijelaskan pada pernyataan di bawah ini:

(1) Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat,

(2) Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa,

(3) Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan,

(4) Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga negara.

Pernyataan di atasmerupakanpenjabarandarifilosofi di bawahini.

a. olah rasa dankarsa, olah raga olah piker, danolahhati

b. olahpikir, olahhati, olah rasa dankarsa, danolah raga

c. olahhati, olah raga, olahpikir, olah rasa dankarsa

d. olahpikir, olah rasa dankarsa, olahhati, danolah raga



3. Manakah yang merupakan muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada akhir jenjang satuan pendidikan?

a. Standar Kompetensi Lulusan

b. Standard Kompetensi

c. Kompetensi Inti

d. Kompetensi dasar



4. Kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan pemberian stimulus oleh pendidik, menidentifikasi masalah, mengumpulkan data/informasi, mengolah data, verifikasi data, dan menyimpulkan dikenal sebagai model …

a. Discovery based learning

b. Problem based learning

c. Inquiry based learning

d. Project based learning 

5. Peransatuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah sebagai berikut, kecuali…

a. Melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan semester kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran

b. Menciptakan ruang-ruang baca bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

c. Mengawasi dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu

d. Melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu-isu yang terkait dengan kemampuan literasi pendidik dan peserta didik.



6. Esensi kegiatan pembelajaran pada tahap pendahuluan atau kegiatan awal …

a. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik, motivasi, dan apersepsi

b. Mengingatkan prasyarat pengetahuan, apersepsi, dan orientasi tujuan

c. Pengkondisian peserta didik, motivasi, apersepsi dan orientasi tujuan

d. Pengkondisian peserta didik, menyampaikan tujuan dan kompetensi dasar



7. Pernyataan berikut yang bukan merupakan dari penyempurnaan Kurikulum 2013 adalah …

a. Koherensi KI-KD dan Penyelarasan Dokumen dan Penataan Kompetensi Sikap Spiritual dan Sosial

b. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan taksonomi proses berpikir

c. Pemberian ruang kreatif kepada guru

d. Pembelajaran saintifik 5M merupakan satu-satunya pendekatan pembelajaran yang dilakukan pendidik dalam pembelajaran



8. Pada kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menyimpulkan. Sikap tersebut didapat terutama pada tahapan pengalaman belajar …

a. Menanya

b. Mengasosiasi

c. Mengumpulkan informasi

d. Mengkomunikasikan



9. Perhatikan komponen-komponen berikut!

1. Identitas sekolah

2. KI-KD-IPK

3. Materi pelajaran

4. Pendekatan pembelajaran

5. Kegiatan pembelaaran

6. Media, alat dan bahan, dan sumber belajar

7. Penilaian

Rencana pelaksanaan pemelajaran (RPP) yang disusun oleh satuan pendidikan harus memuat …

a. (1), (2), (3), (5), (6), dan (7)

b. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)

c. (1), (3), (4), (5), (6), dan (7)

d. (2), (3), (4), (5), (6), dan (7)



10. “Mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam proses pembelajaran” merupakan tujuan penilaian kelas …

a. Keeping-track

b. Finding-out



c. Checking-up

d. Summing-up



11. Ibu Rosna ingin menilai kemampuan siswa dalam mengorganisir ide-ide dari pada hanya mengulang fakta-fakta. Manakah kata kerja operasional yang harus ia gunakan dalam merumuskan indicator pencapaian tujuan ini?

a. Membandingkan, menguraikan, danmengkritik

b. Mengidentifikasi, menentukan, danmendaftar

c. Menyusun, mencocokkan, danmemilih

d. Mendefinisikan, menyebutkan, dan menyatakan kembali



12. Dalam pengembangan alat ukur, tes yang baik adalah apabila peserta tes diukur beberapa kali hasilnya relative sama. Konsep ini disebut …

a. Reliabilitas

b. Validitas

c. Dayapembeda

d. Tingkat kesulitan



13. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Memungkinkan pendidik untuk menentukan langkah dalam perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran

(2) Memandu dan member penjelasan kesempatan peserta didik untuk memotret dan merefleksikan kondisi pembelajarannya serta menentukan langkah selanjutnya

(3) Membantu pendidik untuk mengukur capaian pembelajaran peserta didik terhadap tujuan kurikulum, standard dan kompetensi

(4) Pendidik menilai perkembangan dan kebutuhan pembelajaran peserta didik sesuai dengan tujuan kurikuilum, standar, dan kompetensi

(5) Peserta didik memikirkan tentang pembelajarannya dan strategi memperbaiki pembelajarannya

(6) Pendidik memberikan informasi kepada orang tua dan pihak lain yang relevan tentang hasil penilaian peserta didik secara komprehensif

Pernyataan yang merupakan karakteristik utama dari assessment as learning ditunjukkan oleh pernyataan nomor …

a. (1) dan (4)

b. (2) dan (5) 

c. (3) dan (6)

d. (4) dan (5)

14. Berikut ini pernyataan tentang kompentensi keterampilan

1. Kemampuan berpikir mencakup : mengingat, memahami,  menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, danmencipta

2. Kemampuan belajar mencakup : mengamati, menanya, mengumpulkan, menalar/ mengasosiasi, danmengkomunikasikan

3. Kemampuan berpikir dan tindak mental non motorikseperti mengambil keputusan, menyusun strategi, bernalar.

4. Kemampuan praktik laboratorium seperti: merangkai alat, menimbang atau mengukur membuat grafik, danmenafsirkan grafik.

Pernyataan yang termasuk kategori keterampilan abstrak terdapat pada angka …

a. (1), (2) dan (3)

b. (1), (2) dan (4)

c. (1), (3) dan (4)

d. (2), (3) dan (4)



15. Perhatikantabel di bawahini!

KD Praktik Produk Proyek Portofolio Nilaiakhir (Pembulatan

4.1 87 P

4.2 66 75 Q

4.3 92 R

4.4 75 82 S

Nilai P, Q, R dan S secaraberturut-turutadalah …

a. 87; 70; 92; 79; 

b. 87; 75; 92; 79;

c. 87; 75; 92; 82;

d. 87; 66; 92; 75;

16. Pendekatan saintifik dapat dilakukan melalui berbagai metode. Metode yang kurangsesuai dengan pendekatan saintifik adalah …

a. Simulasi

b. ceramah

c. Diskusi

d. Eksperimen

17. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Menentikan strategi pembelajaran pada setiap kompetensi dasar

(2) Menemukan penyebab kelemahan siswa dalam menguasai materi

(3) Mengidentifikasi kelemahan yang dialami siswa pada setiap KD

(4) Menyimpulkan kompetensi yang telah dicapai siswa

Pernyataan tersebut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam …

a. Membuat tes terstandar

b. Merancang pembelajaran konseptual

c. Melakukan penilaian kelas

d. Menyusun silabus



18. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan, Ibu Lusi menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya ia lakukan?

a. Teslisan

b. Penilaianpraktik

c. Penilaianproduk

d. Portofolio

19. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan penilaian sikap adalah …

a. Hasil observasi olen pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama, sedangkan penilaian diri dan penilaian antar teman merupakan infomrasi penunjang

b. Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat, sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam bentuk predikat dan/ atau deskripsi

c. Catatan hal hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku positif, sedangkan catatan perilaku negatif digunakan untuk pembinaan. Berdasarkan catatan tersebut pendidik membuat deskripsi sikap perserta didik selama satu semester

d. Langkah-langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara lain : pertama, mengamati perilaku peserta didik ; kedua, mendokumentasi perilaku peserta didik ; dan ketiga; menindaklanjuti hasil pengamatan.



20. Teknik penilaian yang dapat digunakan untuk menilai keterampilan siswa dalam menggunakan alat serta prosedur kerja dalam laboratorium adalah …

a. Penilaian tertulis

b. Penilaian produk

c. Penilaian praktik

d. Penilaian projek

B. URAIAN  

21.  Pak Firman adalah guru SD kelas 4 akan menerapkan program penguatan pendidikan karakater (PPK) melalui pembelajaran di kelas yang terintegrasi dengan kurikulum?Apa yang seharusnya dilakukan?

22.  Bagaimana upaya guru melaksanakan literasi dalam pembelajaran di sekolah?

23.  Seorang guru kelas 1SD akan melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru tersebut membuat perancangan pembelajaran tematik terpadu? Bagaimana cara perancangannya?

24.  Kepala Sekolah ingin meningkatkan kompetensi baik guru maupun  peserta didiknya untuk mencapai kecakapan abad 21 (kompetensi berpikir tingkat tinggi /HOTS). Sebutkan kompetensi abad 21 tersebut!

25.  Hasil musyawarah SD Sukamaju telah menentukan nilai KKM untuk satuan pendidikan 75 dengan anjang interval untuk setiap predikat adalah 8,3.

Tentukan rentang predikat SD Sukamaju tersebut dari predikat terendah sampai dengan terendah!

LEMBAR JAWABAN PRE TEST
NAMA             :.......................................................
KELAS           :.......................................................
UNIT KERJA :.......................................................
A.     PILIHAN GANDA
NO.
PILIHAN JAWABAN

NO.
PILIHAN JAWABAN
1.
A
B
C
D

11.
A
B
C
D
2.
A
B
C
D

12.
A
B
C
D
3.
A
B
C
D

13.
A
B
C
D
4.
A
B
C
D

14.
A
B
C
D
5.
A
B
C
D

15.
A
B
C
D
6.
A
B
C
D

16.
A
B
C
D
7.
A
B
C
D

17.
A
B
C
D
8.
A
B
C
D

18.
A
B
C
D
9.
A
B
C
D

19.
A
B
C
D
10.
A
B
C
D

20
A
B
C
D

B.     URAIAN
21.   ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
22.   ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
23.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
24.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
25.   ............................................................................................................................................ ............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
............................................................................................................................................
........................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................

 Download Soalnya Beserta KUNCI JAWABANNYA  Berbentuk PDF  : DISINI Terimakasih sudah Membaca Artikel Kami Mengenai Soal Pre Test dan Post test BIMTEK Kurikulum 2013 Diklat terbaru 2018/2019 + KUNCI JAWABAN. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya.