Materi Penjasorkes SMP Kelas 8 Semeter 1 - KEBUGARAN JASMANI Tahun Ajaran 2018/209

KEBUGARAN JASMANI

Salam olahraga ..Sudahkah anda berolahraga,sudahkan anda mengawali aktifitas anda selama ini dengan berolahraga. Jika belum, mari dari sekarang memulai dan membiaskan olahraga agar badan merasakan bugar.

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelealahan yang berlebihan.

Kebugaran jasmani tidak akan menimbulkan kelelahan yang berlebihan jika diimbangi dengan semanagat  berolahraga,tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan segala bentuk keperluan yang mendadak.

Ada tiga dasar gerak dalam latihan kebugaran jasmani yang dapat kita lakukan :
1. Bergerak (move) ialah rangkaian gerakan dinamis yang dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu,seperti contoh jogging
2. Mengangkat (lift) ialah rangkaian gerak melawan beban.sebagai contoh mengangkat beban,memindahkan beban

3.  Meregang (stretch) ialah rangkaian gerak mengukur otot dan meregang persendian,teknikdasar ini dapat memingkatkan kelenturan persendian dan kelenturan otot.

Latihan kekuatan dan daya tahan

Ketahanan yaitu kemampuan otot dalam menahan bebab pada wakun yang bisa dikatakan cukup lama.untuk melakukan latihan ketahanan agar dapat memacu semnagat bisa dilakukan dengan metode lomba,agar ada semangat yang membara untuk menenenangkannya.

Terdapat pula bentuk ketahanan:

1.ketahanan otot punggung

Latihan ini dapat dilakukan dengan back up.
Cara melakukannya dengan tidur tengkurep angkat dada,pinggang diangkat turun naik dan kaki tetap menempel pada lantai dan lakukan berkali-kali.

2. ketahanan otot lengan ,bahu dan dada
Pada posisi ini dapat dilakukan dengan sit up.cara melalukanya dengan posisi tidur terlentang,dengan tanagan di belakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk.lakukan berkali-kali sesuai kemampauan.

3.ketahanan otot perut

Pada posisi ini dilakukan dengan sit up.cara melalukanya dengan posisi terlentang,dengan kedua tangan dibelakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk.

4.ketahanan otot kaki

Latihan otot kaki dapat dilakukan dengan gerak-an naik turun tangga dengan ketinggian kurang lebih 15 cm. Lakukan sebanyak mungkin dengan teratur sesuai kemampuan anda.

Aktivitas naik turun tangga dengan menggunakan kaki satu per satu sambil kedua tangan mememgang bola diatas kepala adalah salah satu hal yang dapat anda lakukan Demikian Artikel kami Buat mengenai : Materi Penjasorkes SMP Kelas 8 Semeter 1 - KEBUGARAN JASMANI Tahun Ajaran 2018/209. Semoga bermanfaat untuk anda. (Penulis : Rani)

BACA JUGA : RENANG GAYA BEBAS - MATERI PENJASORKES
BACA JUGA : SEPAK BOLA - MATERI PENJASORKES  

KEBUGARAN JASMANI

Salam olahraga ..Sudahkah anda berolahraga,sudahkan anda mengawali aktifitas anda selama ini dengan berolahraga. Jika belum, mari dari sekarang memulai dan membiaskan olahraga agar badan merasakan bugar.

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelealahan yang berlebihan.

Kebugaran jasmani tidak akan menimbulkan kelelahan yang berlebihan jika diimbangi dengan semanagat  berolahraga,tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan segala bentuk keperluan yang mendadak.

Ada tiga dasar gerak dalam latihan kebugaran jasmani yang dapat kita lakukan :
1. Bergerak (move) ialah rangkaian gerakan dinamis yang dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu,seperti contoh jogging
2. Mengangkat (lift) ialah rangkaian gerak melawan beban.sebagai contoh mengangkat beban,memindahkan beban

3.  Meregang (stretch) ialah rangkaian gerak mengukur otot dan meregang persendian,teknikdasar ini dapat memingkatkan kelenturan persendian dan kelenturan otot.

Latihan kekuatan dan daya tahan

Ketahanan yaitu kemampuan otot dalam menahan bebab pada wakun yang bisa dikatakan cukup lama.untuk melakukan latihan ketahanan agar dapat memacu semnagat bisa dilakukan dengan metode lomba,agar ada semangat yang membara untuk menenenangkannya.

Terdapat pula bentuk ketahanan:

1.ketahanan otot punggung

Latihan ini dapat dilakukan dengan back up.
Cara melakukannya dengan tidur tengkurep angkat dada,pinggang diangkat turun naik dan kaki tetap menempel pada lantai dan lakukan berkali-kali.

2. ketahanan otot lengan ,bahu dan dada
Pada posisi ini dapat dilakukan dengan sit up.cara melalukanya dengan posisi tidur terlentang,dengan tanagan di belakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk.lakukan berkali-kali sesuai kemampauan.

3.ketahanan otot perut

Pada posisi ini dilakukan dengan sit up.cara melalukanya dengan posisi terlentang,dengan kedua tangan dibelakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk.

4.ketahanan otot kaki

Latihan otot kaki dapat dilakukan dengan gerak-an naik turun tangga dengan ketinggian kurang lebih 15 cm. Lakukan sebanyak mungkin dengan teratur sesuai kemampuan anda.

Aktivitas naik turun tangga dengan menggunakan kaki satu per satu sambil kedua tangan mememgang bola diatas kepala adalah salah satu hal yang dapat anda lakukan Demikian Artikel kami Buat mengenai : Materi Penjasorkes SMP Kelas 8 Semeter 1 - KEBUGARAN JASMANI Tahun Ajaran 2018/209. Semoga bermanfaat untuk anda. (Penulis : Rani)

BACA JUGA : RENANG GAYA BEBAS - MATERI PENJASORKES
BACA JUGA : SEPAK BOLA - MATERI PENJASORKES  

KEBUGARAN JASMANI

Salam olahraga ..Sudahkah anda berolahraga,sudahkan anda mengawali aktifitas anda selama ini dengan berolahraga. Jika belum, mari dari sekarang memulai dan membiaskan olahraga agar badan merasakan bugar.

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelealahan yang berlebihan.

Kebugaran jasmani tidak akan menimbulkan kelelahan yang berlebihan jika diimbangi dengan semanagat  berolahraga,tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dan segala bentuk keperluan yang mendadak.

Ada tiga dasar gerak dalam latihan kebugaran jasmani yang dapat kita lakukan :
1. Bergerak (move) ialah rangkaian gerakan dinamis yang dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu,seperti contoh jogging
2. Mengangkat (lift) ialah rangkaian gerak melawan beban.sebagai contoh mengangkat beban,memindahkan beban

3.  Meregang (stretch) ialah rangkaian gerak mengukur otot dan meregang persendian,teknikdasar ini dapat memingkatkan kelenturan persendian dan kelenturan otot.

Latihan kekuatan dan daya tahan

Ketahanan yaitu kemampuan otot dalam menahan bebab pada wakun yang bisa dikatakan cukup lama.untuk melakukan latihan ketahanan agar dapat memacu semnagat bisa dilakukan dengan metode lomba,agar ada semangat yang membara untuk menenenangkannya.

Terdapat pula bentuk ketahanan:

1.ketahanan otot punggung

Latihan ini dapat dilakukan dengan back up.
Cara melakukannya dengan tidur tengkurep angkat dada,pinggang diangkat turun naik dan kaki tetap menempel pada lantai dan lakukan berkali-kali.

2. ketahanan otot lengan ,bahu dan dada
Pada posisi ini dapat dilakukan dengan sit up.cara melalukanya dengan posisi tidur terlentang,dengan tanagan di belakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk.lakukan berkali-kali sesuai kemampauan.

3.ketahanan otot perut

Pada posisi ini dilakukan dengan sit up.cara melalukanya dengan posisi terlentang,dengan kedua tangan dibelakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk.

4.ketahanan otot kaki

Latihan otot kaki dapat dilakukan dengan gerak-an naik turun tangga dengan ketinggian kurang lebih 15 cm. Lakukan sebanyak mungkin dengan teratur sesuai kemampuan anda.

Aktivitas naik turun tangga dengan menggunakan kaki satu per satu sambil kedua tangan mememgang bola diatas kepala adalah salah satu hal yang dapat anda lakukan Demikian Artikel kami Buat mengenai : Materi Penjasorkes SMP Kelas 8 Semeter 1 - KEBUGARAN JASMANI Tahun Ajaran 2018/209. Semoga bermanfaat untuk anda. (Penulis : Rani)

BACA JUGA : RENANG GAYA BEBAS - MATERI PENJASORKES
BACA JUGA : SEPAK BOLA - MATERI PENJASORKES