JUKNIS, Konsep dan Materi LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

LENGKAP JUKNIS, Konsep dan Materi LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH . Lomba MAPSI SD ditinjau dari segi perlombaan, terdiri atas bidang pelajaran dan bidang seni Islami. Bidang pelajaran terbagi dalam 6 cabang, yakni Lomba Cerdas Cermat Terpadu PAISUM, Lomba Ibadah Salat Fardu, Lomba Teknologi Informasi dan Komunikasi Islami, Lomba Kewirausahaan Islami, Lomba Karya Tulis Ilmiah Islami, dan Lomba Azan dan Iqamah.  Bidang Seni Islami terbagi menjadi 8 cabang yaitu: Lomba Hifdzil Qur'an, Lomba Tilawatil Qur'an, Lomba Tahsinu Khattil-Qur'an, Lomba Kaligrafi Al-Qur'an, Lomba Khitabah, Lomba Cerita Islami, Lomba Macapat Islami, dan Lomba Seni Rebana.

     Kedinamisan kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang berbhineka dan beragam dengan mengembangkan suatu kehidupan berdemokrasi, keterbukaan, dan kejujuran yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Swt, maka dalam lomba MAPSI SD ini dikembangkan keterbukaan dan kejujuran peserta lomba dan juri lomba. Semua peserta lomba dan juri lomba diwajibkan membuat pakta integritas, menyebutkan identitas dan profilnya dengan benar, jujur, terbuka dan memaparkan hasil penilaian secara terbuka selesai penampilan peserta lomba. Karena itu juri lomba harus profesional, proporsional, jujur, dan adil. Penyelenggara dengan keterbatasan anggaran biaya harus dapat mencari dan menentukan juri sesuai kriteria dimaksud. Dengan demikian diharapkan ajang lomba MAPSI SD ini sebagai suatu ajang turnamen yang berkualitas, bermartabat, dan membawa rahmat dan berkah bagi siapa saja yang terkait dengan kegiatan ini, serta terhindar dari ketidakjujuran, ketidakadilan, dan fitnah serta mendapatkan rida dari Allah Swt sebagai amal salih. 
     Metode dan teknik penilaian juri dapat menggunakan nilai tengah, nilai total, atau nilai kesepakatan, tanpa meninggalkan kejujuran, sportivitas dan profesionalitas juri yang bersangkutan, serta menghindari pertimbangan kedaerahan. Sebelum lomba dilaksanakan maka dewan juri wajib memberitahukan metode penilaian yang digunakan agar paparan hasil penilaian dapat dipahami oleh publik. 
     Lomba MAPSI SD ditinjau dari proses pembelajaran, merupakan suatu model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta pengembangannya yang berbentuk turnamen pada Sekolah Dasar. Model Lomba MAPSI SD ini menggunakan dua pendekatan yakni: Pendekatan Lomba Berbasis Pelajaran dan Pendekatan Lomba Berbasis Seni Islami. Dari masing-masing pendekatan tersebut terdapatlah berbagai strategi, metode/sistim, teknik, taktik, dan gaya. Kesemuanya itu bermuara dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta pengembangannya pada tingkatan Sekolah Dasar. 
     Masing-masing strategi dalam setiap cabang Lomba MAPSI diterapkan metode-metode/sistim-sistim, yakni: Metode/ sistim penyisihan, metode/sistim semi final dan metode/sistim final. Namun karena pertimbangan dari segi waktu, biaya dan sarana prasarana yang terbatas, sehingga  sebagian diterapkan dengan metode/sistim penyisihan dilanjutkan final misalnya macapat Islami, dan metode/sistim penyisihan sekaligus final misalnya wirausaha dan seni rebana.  
     Dari berbagai metode/sistim yang digunakan itu dipilihlah berbagai teknik, taktik, dan gaya yang tepat untuk  dapat mengaplikasikan level pengetahuan (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta/membuat), memanfaatkan level keterampilan (meniru, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi) serta mewujudkan level sikap (menerima nilai, menanggapi nilai, menghargai nilai, menghayati nilai, mengamalkan nilai).
     Menghadapi pembelajaran abad 21 di Sekolah Dasar dengan pembentukan karakter, mengembangkan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif serta menerapkan proses berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), dan kemajuan teknologi industri 4.0, maka dalam Lomba MAPSI SD didesain sebagai model pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbentuk turnamen yang menjunjung tinggi akhlak mulia dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah Swt dan menyadari sebagai bangsa dan warga negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
     Untuk itulah, model Lomba MAPSI SD dilaksanakan di tingkat sekolah, berlanjut ke tingkat kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi, dan bila memungkinkan sampai ke tingkat nasional. Model Lomba MAPSI SD yang berlangsung tiap tahun ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik untuk dapat menerapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagian dari mereka dapat meningkat lebih tinggi lagi hingga ke level tertinggi dapat mencipta/membuat sesuatu produk. 

A.BIDANG LOMBA BERBASIS PELAJARAN
I.Cabang Lomba Cerdas Cermat Terpadu PAISUM

II.Cabang Lomba Ibadah Salat Fardu
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri

III. Cabang Lomba Teknologi Informasi dan komunikasi Islami 
(JUKNIS LOMBA TIKI TERBARU 2019)
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
Ketentuan:
1.Komputer atau laptop yang digunakan setara, dilengkapi multi media dan printer
2.Program Microsoft Office bebas tipe keluaran
IV. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Kewirausahaan Islam
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
V. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah Islami Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
VI. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Azan dan Iqamah
Peserta 1 orang putra

B.BIDANG LOMBA BERBASIS SENI ISLAMI
I. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Hifzil-Qur'an
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
II. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Tilawatil-Qur'an
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri

III.JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Tahsinul Khat Al-Qur'an.  Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
 
IV. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Kaligrafi Al-Qur'an
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
V. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 Cabang Lomba Khitabah
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri

VI. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019Cabang Lomba Cerita Islami
Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
VII. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019Cabang Lomba Macapat Islami Peserta 1 orang putra dan 1 orang putri
VIII. JUKNIS LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019Cabang Lomba Seni Rebana
Peserta 11 orang putra/putri atau campuran.
Waktu persiapan 5 menit, penampilan 10 menit tiap peserta. Lomba Rebana dibagi menjadi 3 cabang lomba, meliputi:
Ketentuan: Rekap peserta dan Cabang Lomba: Bidang Mata Pelajaran 5 cabang lomba perorangan putra dan 5 cabang lomba perorangan putri = 5 x 2 = 10 orang 1 cabang lomba perorangan putra = 1 orang Bidang Seni Islami 7 cabang lomba perorangan putra dan 7 cabang lomba perorangan putri = 7 x 2 = 14 orang 3 cabang lomba beregu pa/pi/campuran = 11 orang Jumlah = 36 orang              
=========

TEMA DAN JUDUL CERITA ISLAMI
Tiap peserta memilih salah satu Judul dari 5 judul dalam satu Tema yang diperoleh dari hasil undi pada saat temu teknik. 
TEMA DAN JUDUL KHITABAH
Tiap peserta memilih salah satu judul dari 5 judul dalam satu tema yang diperoleh dari hasil undi pada saat temu teknik.

KELOMPOK 1 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -1
1) Al-yadul ‘Ulya Khairun minal Yadis-Sufla (Tangan di atas Lebih Baik daripada Tangan Di Bawah),
2) Qul Khairan Au Liyasmut (Berkata yang Baik atau Diam),
3) Yassiru wala tu’assiru (Permudahlah dan jangan dipersulit),
4) Fastabiqul Khairat (Berlomba dalam Kebaikan),
5) Inna Ma’al -‘Usri Yusran (Sungguh Beserta Kesulitan Ada Kemudahan),

KELOMPOK 2 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -2
6 ) Humazatil Lumazah (Pengumpat dan Pencela),
7) Yukadzdzibu Bid-Din (Mendustakan Agama),
8) Man Jadda Wa Jada (Siapa Bersungguh-sungguh, Dia Akan Sukses),
9) Ukhuwah Islamiyyah (Persaudaraan Dalam Islam),
10) Birrul Walidain (Berbakti Kepada Kedua Orang Tua),

KELOMPOK 3 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -3
11) Hubbul Watani minal Iman ( Cinta Tanah Air Bagian Dari Iman),
12) Assalatu  ‘Imadud Din (Salat Tiang Agama),
13) Waladun Salih (Anak Yang Salih),
14) Talabul ‘Ilmi (Mencari Ilmu),
15) Akhlaqul Karimah (Karakter Yang Mulia),

KELOMPOK 4 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -4
16) Uswatun Hasanah (Teladan Yang Baik),
17) Lam Yalid Wa Lam Yulad (Allah Tidak Beranak dan Tidak Pula Diperanakkan),
18) Allahu Ahad (Allah Maha Esa),
19) Allahus Samad (Allah Tempat Meminta Segala Sesuatu),
20) Min Syarri Hasidin Iza Hasad (Dari Kejahatan Orang Yang Dengki Apabila Ia Dengki),

KELOMPOK 5 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -5
21) Malikin Nas ( Raja Manusia),
22) Ar-Rahmanir-Rahim (Yang Maha Pengasih Maha Penyayang),
23) Na’budu Wa Nasta’in (Kami Menyembah dan Minta Pertolongan),
24) Ajrun Gairu Mamnun (Mendapat pahala Yang Tiada Putus-putusnya),
25) Tairan Ababil (Burung Yang Berbondong-bondong),

KELOMPOK 6 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -6
26) Allazi ‘Allama Bil-Qalam (Yang Mengajar Manusia dengan Pena,
27) Allazina Amanu Wa’amilus-Salihat ( Orang-orang Yang Beriman dan Mengerjakan Kebajikan),
28) Tawasau Bil Haqqi (Saling Menasihati Untuk Kebenaran),
29) Tawasau Bis-Sabri (Saling Menasihati Untuk Kesabaran),
30) Ihdinas-Sirat Ihdinas-Siratal Mustaqim (Tunjukilah Kami Jalan Yang Lurus),

KELOMPOK 7 :  Tema Membentuk Karakter Muslim Rahmatan Lil-‘Alamin -7
31) Hudal-Lilmuttaqin (Petunjuk Bagi Orang Yang Bertaqwa),
32) Kutiba ‘Alaikumus-Siyam (Diwajibkan Atas Kamu Berpuasa),
33) Ta’awanu ‘Alal Birri Wat-Taqwa (Bertolong Menolonglah Kamu dalam Kebaikan dan Taqwa),
34) Lana A’maluna Wa lakum A’malukum (Bagi Kami Amal Perbuatan Kami dan Bagi Kamu Amal Perbuatan Kamu),
35) Lakum Dinukum Waliyadin (Untukmu Agamamu dan Untukku Agamaku).

=============
MAQRA' TILAWATIL QUR'AN
Tiap peserta memilih salah satu Maqra' dari 5 maqra' dalam satu kelompok yang diperoleh dari hasil undi pada saat temu teknik. 
Tema dan judul Karya Tulis Ilmiah Islami :
Tiap peserta memilih salah satu judul dari 5 judul dalam satu tema yang diperoleh dari hasil undi pada saat temu teknik. 

KELOMPOK 1:  TEMA “AKTIVITASKU DI RUMAH”
Judul :
1) Aku dan Pembiasaan Perilaku Islami di Rumah
2) Aku dan Belajar Meneladani Karakter (Akhlak) Nabi Muhammad saw di Rumah
3) Aku dan Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Rumah
4) Aku dan Belajar Menjaga Wudu di Rumah
5) Aku dan Belajar Menulis Karya Ilmiah di Rumah

KELOMPOK 2 :  TEMA “AKTIVITASKU DI MASJID/MUSALLA SEKITAR RUMAH”
Judul :
1) Aku dan Belajar Azan Iqamah di Masjid/Musalla Sekitar Rumah
2) Aku dan Salat Subuh Berjamaah di Masjid Sekitar Rumah
3) Aku dan Kebersihan Kesehatan di Masjid Sekitar Rumah
4) Aku dan Magrib Mengaji di Masjid/Musalla Sekitar Rumah
5) Aku dan Bersedekah di Masjid/Musalla Sekitar Rumah

KELOMPOK 3 :  TEMA “AKTIVITASKU DI LINGKUNGAN TETANGGA”
Judul :
1) Aku dan Belajar Membangun Silaturahmi di Lingkungan Tetangga
2) Aku dan Penerapan Karakter Akhlak Mulia di Lingkungan Tetangga
3) Aku dan Belajar Taharah di Lingkungan Tetangga
4) Aku dan Belajar Al-Asmaul Husna di Lingkungan Tetangga
5) Aku dan Belajar Menentukan Waktu Salat di Lingkungan Tetangga

KELOMPOK 4 :  TEMA “AKTIVITASKU DI KAMPUNG”
Judul :
1) Aku dan Ekonomi Umat di Kampung
2) Aku dan Santunan Anak Yatim di Kampung
3) Aku dan Wirausaha Islami di Kampung
4) Aku dan Toleransi Beragama di Kampung
5) Aku dan Belajar Seni Rebana di Kampung

KELOMPOK 5 :  TEMA “AKTIVITASKU DI DESA”
Judul :
1) Aku dan Kantin Jujur di Desa
2) Aku dan Kegiatan Rohani Islam di Desa
3) Aku dan Belajar Tilawah Al-Qur’an di Desa
4) Aku dan Belajar Khitabah di Desa
5) Aku dan Belajar Macapat Islami di Desa

KELOMPOK  6 :  TEMA “AKTIVITASKU DI KELAS”
Judul :
1) Aku dan Belajar Khat (Tulis Indah) Al-Qur’an di Kelas
2) Aku dan Belajar Kaligrafi (Gambar Indah) Al-Qur’an di Kelas
3) Aku dan Belajar Menulis Arab Pegon di Kelas
4) Aku dan Belajar Salat di Kelas
5) Aku dan Belajar Cerita Islami di Kelas

KELOMPOK 7 :  TEMA “AKTIVITASKU DI SEKOLAH”
Judul :
1) Aku dan Salat Zuhur Berjamaah di Sekolah
2) Aku dan Khataman Al-Qur’an 30 Juz di Sekolah
3) Aku dan Hafalan Juz ‘Amma di Sekolah
4) Aku dan Pesantren Ramadan di Sekolah
5) Aku dan Pengembangan Seni Islami di Sekolah




Belum ada Komentar untuk "JUKNIS, Konsep dan Materi LOMBA MAPSI SD/MI KE-22 TAHUN 2019 TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel