Modul Pebelajaran VARIASI POLA GERAK DASAR BAB 1 - Materi PJOK (Penjasorkes) Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 2

Modul Pebelajaran VARIASI POLA GERAK DASAR BAB 1 - Materi PJOK (Penjasorkes) Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 2 . MATERI PENJAS KURMER KELAS 4 BAB 1 SEMESTER 2

Ringkasan Materi

Pola Gerak Dasar

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari, tentu kita harus memahami tentang konsep gerak dasar. Ada beberapa gerak dasar yang harus kita pahami. Misalnya lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa pola gerak dasar dalam permainan tradisional berikut.

1. Permainan Egrang

Permainan egrang termasuk dalam salah satu permainan gerak langkah di Indonesia. Permainan ini menggunakan alat berupa sepasang bambu yang dibuat sedemikian rupa. Untuk lebih jelasnya simak pada pembahasan berikut.

a. Mengenal permainan egrang

1. Permainan Egrang

Permainan egrang termasuk dalam salah satu permainan gerak langkah di Indonesia. Permainan ini menggunakan alat berupa sepasang bambu yang dibuat sedemikian rupa. Untuk lebih jelasnya simak pada pembahasan berikut.

a. Mengenal permainan egrang

Egrang adalah sebuah permainan tradisional yang menggunakan sepasang bambu untuk berjalan. Bambu dibentuk seperti tongkat yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu. Penamaan egrang berasal dari bahasa Lampung yang artinya terompah pancung yang dibuat dari bahan bambu bulat yang panjang. Sementara, di berbagai daerah lain memiliki penamaan lain. Misalnya, di Provinsi Sumatra Barat, egrang disebut dengan tengkak-tengkak yang berarti pincang. Dalam bahasa Bengkulu, tengkak berarti sepatu yang terbuat dari bambu. Lalu, di Provinsi Jawa Tengah, egrang dikenal dengan nama jangkungan yang terinspirasi dari nama burung dengan kaki yang panjang. Egrang juga dikenal di Provinsi Kalimantan Selatan dengan nama batungkau. Umumnya, egrang dimainkan oleh anak-anak. Egrang juga bisa digunakan dalam atraksi. Permainan egrang berguna untuk melatih menjaga keseimbangan, keberanian, dan kesabaran. Selain itu, permainan egrang juga sebagai hiburan untuk anak-anak maupun dewasa.

b. Teknik melakukan permainan egrang

Cara memainkan egrang pada dasarnya cukup sederhana. Pemain harus menaiki tongkat bambu tersebut kemudian, berjalan dengan menggunakan kaki egrang. Meski terlihat sederhana, kenyataannya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, sebab para pemainnya harus memiliki kesimbangan yang baik. Peralatan permainan egrang juga cukup sederhana, yaitu hanya dua pasang bambung yang memiliki tumpuan kaki yang terbuat dari kayu. Permainan egrang bisa dilakukan di lapangan luas. Standar ukuran lapangan untuk kompetisi permainan egrang adalah 50 meter untuk panjang lintasan dengan lebar lintasan 7,5 meter. Adapun jumlah peserta di dalam lintasan hanya lima, sehingga masing-masing mempunyai lintasan selebar 1,5 meter.

2. Permainan Balap Karung

Permainan balap karung pada umumnya dilakukan pada sebuah perlombaan. Kamu dapat melakukannya dengan beberapa hal berikut.

a. Persiapan:

1) 4-6 anak.

2) Karung beras/terigu untuk masing-masing anak.

3) Peluit.

4) Kapur tulis atau tali penanda garis start/finish.

5) Lahan bermain yang cukup luas.

b. Cara bermain:

1) Anak masuk dan berdiri di dalam karung, sembari tangannya menggenggam kedua ujung karung agar tidak turun.

2)Semua anak berdiri di garis start. Pada hitungan ketiga, anak-anak berlomba mencapai garis finish dengan cara melompat dengan karungnya.

3) Pemenangnya adalah peserta yang memasuki garis finish paling cepat

3. Permainan Bakiak

Sama halnya dengan permainan lainnya, bakiak juga termasuk permainan tradisional Indonesia yang membutuhkan berbagai pola gerak dasar. Bakiak yang digunakan untuk permainan merupakan bakiak yang terbuat dari papan panjang yang dapat digunakan oleh tiga orang atau lebih secara bersama-sama. Permainan bakiak ini harus dilakukan dengan cara melangkah dan kecepatan yang sama. Dalam perlombaan, para tim bakiak akan beradu cepat mencapai garis finish. Di sisi lain, mereka harus menjaga kekompakkan supaya tidak terjatuh. Pemain paling depan memberikan komando supaya para pemain dalam satu tim dapat berjalan dengan langkah yang sama.


Belum ada Komentar untuk "Modul Pebelajaran VARIASI POLA GERAK DASAR BAB 1 - Materi PJOK (Penjasorkes) Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 2"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel