MATERI PELAJARAN PAI SD/MI BAB 7 KELAS 1 SEMESTER 2 - MENGENAL DUA KALIMAT SYAHADAD

MENGENAL DUA KALIMAT SYAHADAT
Matei Sebelumnya Adalah MATERI PELAJARAN PAI SD/MI BAB 6 KELAS 1 SEMESTER 1 - MENGHAFAL AL-QUR’AN SURAH PENDEK. kali ini kita akan belajar mengenal dua kalimat syahadad. Rukun Islam adalah ketentuan-ketentuan dalam agama Islam yang harus dipenuhi atau dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Rukun islam ada lima, yaitu syahadat, salat, puasa, zakat, haji. 

Setiap umat Islam wajib melaksanakan rukun Islam. Rukun Islam yang pertama yaitu syahadat. Membaca syahadat wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Orang yang telah melafalkan kalimat syahadat berarti ia telah masuk Islam. Seorang muslim akan selamat dunia akhirat. Berikut ini kita akan belajar rukun Islam yang pertama yaitu syahadat. Simak baik-baik ya!

Syahadat adalah satu dari lima rukun Islam. Syahadat merupakan rukun Islam yang pertama. Syahadat merupakan persaksian. Syahadat ada dua, yaitu syahadat tauhiddan syahadat rasul. Syahadat tauhid dan syahadat rasul disebut syahadattain. Artinya dua persaksian atau dua kalimat syahadat.

A.   Syahadat tauhid
Tauhid artinya mengesakan Allah Swt..
Jadi, syahadat tauhid adalah kesaksian terhadap ke-esaan Allah Swt.
Kita bersaksi bahwa Allah Swt. Maha Esa.
Esa artinya satu.
Jadi Allah Swt. itu hanya satu.
Allah Swt. tidak beranak dan tidak diperanakkan (dilahirkan).
Tidak ada yang sama dengan Allah Swt..
Lafal syahadat tauhid adalah:

“Asyhadu alla ilaha illallah”

Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Swt.
Kita telah bersaksi atau mengakui bahwa Tuhan kita adalah Allah Swt. dan bukan yang lain. Kita wajib percaya Tuhan hanya satu yaitu Allah Swt. Oleh karena itu kita menyembah hanya kepadaAllah Swt. Kita tidak boleh menyembah selain Allah Swt. orang yang menyembah selain Allah Swt. disebut musyrik. Musyrik itu sangat besar dosanya. Karena itu kita harus taat kepada Allah Swt. dan hanya takut kepadaAllah Swt.

B.   Syahadat rasul
Rasul artinya adalah utusan.
Syahadat rasul artinya kesaksian terhadap Nabi Muhammad saw. sebagai utusan Allah Swt. nabi Muhammad saw. adalah nabi dan rasul Allah Swt. pembawa ajaran agama Islam. Ajaran agama yang menyempurnakan ajaran agama rasul-rasul terdahulu.
Syahadat rasul berbunyi:
وَ اَشْهَدُ ًاَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
“Wa asyhadu anna muhammdar rasulullah”
Artinya: Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah Swt.
Rasul Allah (Rasulullah) artinya utusan Allah Swt..
Allah Swt. mengutus rasul-Nya untuk manusia. Muhammad adalah manusia pilihan Allah Swt. yang mempunyai sifat-sifat mulia. Utusan Allah jumlahnya banyak. Utusan yang pertama Nabi Adam a.s. Utusan yang terakhir adalah Nabi Muhammad saw..

Nabi Muhammad saw. diutus untuk menyebarkan agama Islam. Dengan mengucap syahadat rasul berarti kita yakin dan percaya bahwa Muhammad saw. nabi dan rasul Allah Swt. karena itu kita harus menjadikan Muhammad saw. sebagai teladan dan panutan dalam perbuatan kita sehari-hari.

Nabi Muhammad saw. juga disebut Khatamil ambiya’ wal mursalin, artinya adalah nabi dan rasul penutup. Muhammad saw. adalah penyempurna segala risalah nabi. Muhammad saw. lahir di kota Mekkah. Pada hari senin tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah, bertepatan pada tanggal 20 April tahun 571 Masehi. Ayahnya Abdullah. Sedangkan ibunya bernama Aminah.

Pada saat Muhammad saw. berusia 3 bulan dalam kandungan, ayahnya meninggal dunia. Pada saat Muhammad saw. berusia 6 tahun ibunya meninggal dunia. Kemudian Muhammad saw. ikut kakeknya yang bernama Abdul Muttalib. Pada saat Muhammad saw. berusia 8 tahun kakeknya meninggal. Selanjutnya Muhammad saw. ikut pamannya yang bernama Abu Talib. Berbagai pengalaman hidup dijalani Muhammad saw. pada waktu kecil Muhammad saw.bekerja sebagai penggembala kambing. Beliau kemudian ikut berdagang bersama pamannya.

Pada usia 25 tahun, Muhammad saw. menikah dengan Siti Khadijah. Pada usia 35 tahun beliau mendapat gelar al amin.
Al amin artinya dapat dipercaya.
pada usia 40 tahun, Muhammad saw. diangkat menjadi rasul Allah Swt.. Nabi Muhammad saw. wafat pada usia 63 tahun. Beliau dimakamkan di Madinah.
Demikian Artikel Dari kami tentang MATERI PELAJARAN PAI SD/MI BAB 7 KELAS 1 SEMESTER 2 - MENGENAL DUA KALIMAT SYAHADAD semoga bermanfaat

Temukan Koleksi Semua Materi Pelajaran PAI



Belum ada Komentar untuk "MATERI PELAJARAN PAI SD/MI BAB 7 KELAS 1 SEMESTER 2 - MENGENAL DUA KALIMAT SYAHADAD"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel